Contoh Teks Ulasan

Pernahkah kamu mengulas suatu karya sastra seperti novel, cerpen atau puisi dalam bentuk teks? Jika pernah berarti kamu telah membuat teks ulasan. Namun, apakah teks ulasan yang kamu buat sudah sesuai strukturnya? Jika belum, yuk simak artikel berikut ini yang akan membahas tentang pengertian, struktur, dan contoh teks ulasan secara lengkap.

Pengertian Teks Ulasan

Teks ulasan adalah sebuah teks yang berisi ulasan atau penilaian terhadap suatu karya seperti film, novel, cerpen, atau puisi. Saat kita mengulas sebuah karya, kita harus bersikap kritis. Mengapa demikian? Agar kita dapat berkontribusi untuk kemajuan karya tersebut ke depannya.

Tujuan Teks Ulasan

Teks ulasan memiliki beberapa tujuan, yaitu untuk :

  • Memberikan informasi pada publik mengenai kelayakan suatu karya yang dimiliki.
  • Memberikan informasi mengenai kelebihan atau kekurangan sebuah karya.
  • Memberi informasi yang komprehensif terkait sebuah karya.
  • Membantu pembaca mengetahui isi suatu karya.
  • Membantu pembaca mengetahui tentang gambaran dan kritikan suatu karya.
  • Mengetahui perbandingan karya tersebut dengan karya lain yang serupa.
  • Mengajak para pembaca untuk merenungkan, memikirkan, serta mendiskusikan masalah yang ada dalam sebuah karya.
  • Menunjukan sudut pandang penulis terhadap suatu hal.
  • Memberi pertimbangan kepada para pembaca sebelum mereka memilih atau membeli sebuah karya.

Ciri-Ciri Teks Ulasan

Teks ulasan memiliki beberapa ciri-ciri, yaitu sebagai berikut :

  1. Strukturnya terdiri atas 4 bagian yaitu orientasi, tafsiran, evaluasi, dan rangkuman.
  2. Berisi informasi berdasarkan pandangan atau opini penulis terhadap suatu karya.
  3. Opininya berdasarkan fakta yang diinterpretasikan.
  4. Dikenal dengan istilah yang lain, yaitu resensi.

Struktur Teks Ulasan

Dalam teks ulasan, ada 4 struktur atau penyusun yang membuat teks ulasan ini menjadi utuh. 4 struktur tersebut yaitu :

1. Orientasi

Struktur orientasi berisi pengenalan tentang gambaran umum mengenai suatu karya yang akan diulas. Struktur ini akan membuat pembaca lebih paham mengenai hal yang akan diulas.

2. Tafsiran

Struktur tafsiran berisi gambaran detail dari sebuah karya yang diulas. Contohnya seperti kualitas, keunggulan, keunikan, bagian karya dan lainnya.

3. Evaluasi

Struktur evaluasi berisi pandangan dari pengulas terhadap hasil karya yang diulas. Evaluasi dilakukan setelah melakukan tafsiran, sehingga si pengulas bisa memberi bagian yang mempunyai nilai dan bagian yang kurang.

4. Rangkuman

Struktur ini berisi kesimpulan dari ulasan terhadap suatu karya. Pengulas biasanya memberikan komentar tentang karya yang telah diulas, apakah berkualitas atau tidak.

Kaidah Kebahasaan Teks Ulasan

Ada beberapa kaidah kebahasaan yang digunakan dalam teks ulasan, diantaranya :

  1. Teks ulasan drama atau film berisi penonjolan terhadap unsur-unsur karya seni yang hendak diulas.
  2. Menggunakan kata-kata persuasif atau opini.
  3. Menggunakan konjungsi eksternal dan konjungsi internal.
  4. Menggunakan kalimat perbandingan (persamaan/perbedaan)
  5. Menggunakan kata kerja relasional dan kata kerja material.

Jenis Teks Ulasan 

Menurut isinya, teks ulasan dibagi menjadi 3 jenis, yaitu :

1. Teks Ulasan Informatif

Teks ini berisi gambaran umum, singkat, dan padat pada suatu karya. Teks ulasan informatif tidak menyampaikan seluruh isi karya, namun hanya menampilkan bagian yang penting saja dengan menekankan kelebihan dan kekurangan pada karya tersebut.

2. Teks Ulasan Deskriptif

Teks ini berisi gambaran detail pada tiap bagian suatu karya. Umumnya digunakan pada sebuah karya fiksi untuk mendapatkan gambaran secara jelas mengenai manfaat, informasi, serta kekuatan argumentatif yang ditampilkan penulis dalam sebuah karya.

3. Teks Ulasan Kritis

Teks ini berisi ulasan terperinci sebuah karya yang mengacu pada metode atau pendekatan ilmu pengetahuan. Jenis teks ulasan ini dibuat secara objektif dan lebih kritis. Contohnya melakukan ulasan pada novel dan karya fiksi dengan menggunakan pendekatan feminis dan sosiologi.

Contoh Teks Ulasan

Berikut ini kami sajikan beberapa contoh teks ulasan agar kalian lebih memahaminya.

1. Contoh Teks Ulasan Puisi

Orientasi
Puisi dengan judul “Ayah” ditulis oleh Cantika Ayu dan diterbitkan pada tahun 2017 di suatu majalah khusus anak dan remaja. Puisi ini bercerita tentang Perjuangan yang dilakukan oleh seorang Ayah demi keluarga yang dicintainya. Dalam puisi ini juga menggambarkan seorang anak yang memiliki rasa cinta yang besar untuk ayahnya.

Tafsiran
Pada bait pertama menggambarkan beratnya perjuangan seorang Ayah. Seorang Ayah yang harus bekerja dengan bercucuran keringat untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah. Panas matahari sudah tidak menjadi halangan lagi. Pada bait selanjutnya menggambarkan tentang rasa sayang seorang anak. Ayah adalah cinta pertama untuk seorang anak. Ayah juga pemberi kebahagian dan sosok yang penting untuk anaknya.

Evaluasi
Puisi ini lahir dengan bahasa yang indah namun tetap sederhana. Kata-kata dalam puisi ini sangat mendalam dan mudah untuk dipahami. Selain itu, puisi ini juga sangat menyatu dengan kehidupan nyata. Namun penulisan dalam puisi ini kurang tepat jika dilihat dari kaidah penulisan puisi, karena hanya terdapat dua baris pada bait kedua dan seterusnya.

Rangkuman
Disamping kekurangannya, puisi “Ayah” tetap layak untuk diterbitkan. Puisi ini dapat dijadikan sebagai suatu peringatan. Peringatan tersebut adalah keharusan seorang anak untuk menyadari bahwa sulitnya perjuangan seorang Ayah dalam memenuhi segala kebutuhan keluarga. Seorang anak harus selalu menghargai perjuangan yang telah dilakukan oleh ayahnya.

2. Contoh Teks Ulasan Film

Contoh Teks Ulasan Film

Kita kupas contoh teks ulasan singkat mengenai film yang berjudul Sang Pemimpi karya Andrea Hirata beserta strukturnya.

Orientasi 1
Sang Pemimpi adalah sebuah film Indonesia tahun 2009 karya Andrea Hirata yang diadaptasi dari tetralogi novel Laskar Pelangi kedua. Film ini merupakan sekuel dari film Laskar Pelangi yang bercerita tentang kehidupannya di Belitung semasa dia di SMA.

Orientasi 2
Tiga tokoh utama dalam film ini yaitu Ikal, Arai, dan Jimbron. Ikal adalah Andrea Hirata sendiri, Arai adalah saudara jauhnya yang menjadi yatim piatu saat dia masih kecil. Arai disebut sebagai simpai karena dia adalah orang terakhir yang masih hidup di keluarganya. Arai diangkat menjadi anak oleh ayah Ikal. Jimbron merupakan teman Ikal dan Arai yang sangat terobsesi dengan kuda dan gagap ketika sedang gugup.

Tafsiran Isi 1
Ikal dan Arai mesti bekerja sebagai kuli di pelabuhan ikan saat dini hari untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Lalu mereka pergi ke sekolah setelah menyelesaikan pekerjaannya. Mereka tetap giat belajar meskipun kondisi seperti itu. Bahkan mereka selalu menduduki peringkat 5 teratas dari 160 murid di sekolah. Sekolah mereka berada 30 km dari rumah Ikal dan Arai sehingga mereka harus menyewa kamar untuk tempat tinggal.

Tafsiran Isi 2
Andrea Hirata dalam bukunya menceritakan bahwa Ikal dan kedua temannya adalah remaja yang nakal. Mereka sangat dibenci oleh Kepala Sekolah SMA Negeri Manggar, yaitu Pak Mustar. Namun lain halnya dengan Pak Belia, seorang guru yang memberikan mimpi untuk muridnya, khususnya kepada Ikal, Arai dan Jimbron.

Tafsiran Isi 3
Dalam film Sang Pemimpi, banyak kenakalan yang dilakukan oleh Arai dan Ikal waktu SMA. Mereka pernah mengejek Pak Mustar hingga Pak Mustar marah saat upacara bendera. Mereka juga pernah menyusup masuk ke bioskop. Padahal menonton film dewasa tidak diizinkan oleh sekolahan. Pak Mustar yang mengetahui hal itu memberikan hukuman kepada Arai dan Ikal keesokan harinya.

Tafsiran Isi 4
Film ini memiliki kelebihan, yaitu rasa setia kawan dalam persahabatan sekaligus mencangkup arti pentingnya pendidikan. Hidup mandiri dengan kondisi ekonomi yang terbatas dan jauh dari orang tua, namun memiliki cita-cita yang tinggi.

Tafsiran Isi 5
Sangat disayangkan bahwa alur di dalam film ini tidak jelas. Waktunya bolak-balik sehingga membuat bingung penonton.

Evaluasi
Film ini dapat menjadi motivasi untuk para pelajar terutama pelajar SMA. Kisahnya mengharukan, namun menyenangkan ketika dilihat. Film ini juga bercerita tentang persahabatan dan rasa setia kawan dan juga menyadarkan bahwa pentingnya pendidikan.

Rangkuman
Hikmah dan pelajaran yang dapat diambil dari film ini adalah sifat semangat dan pantang menyerah yang bisa mengalahkan segala ketidakmungkinan selama kita mau berusaha semaksimal mungkin. Rasa saling percaya, setia dan saling menjaga adalah kunci dari menjalin hubungan yang sejati dengan sahabat. Dan mimpi merupakan hal yang sangat penting, karena mimpi adalah langkah awal mencapai kesuksesan.

3. Contoh Teks Ulasan Cerpen

Orientasi
Cerita pendek atau cerpen berjudul Kyai Mercon dan Keluarga Kucing adalah karya Tahyudin Ali Mursyid. Tebal dari cerita pendek ini adalah dua halaman dengan cerita berisi tentang kunjungan penulis ke rumah K.H Mohammad Solikhin di Pedut, Boyolali. Tidak hanya bercerita tentang sahabatnya, cerpen ini juga menceritakan tentang asal mula Kyai memelihara kucing liarnya.

Tafsiran
Pada paragraf pertama, penulis bercerita tentang waktu dan suasana di kampung Pedut dengan bahasa yang puitis. Begitu juga pada paragraf kedua dan ketiga yang masih menggunakan bahasa puitis, tetapi lebih menggambarkan tempat dan keseharian warga di Pedut.

Paragraf berikutnya, penulis bercerita tentang Kyai Mohammad Solikhin dengan nenek Wagiem. Kemudian pada paragraf 6 sampai 9, penulis mulai muncul dalam cerita pendek tersebut.

Pada paragraf 10 sampai 14, bercerita tentang dimana Kyai memelihara kucing liar. Dan pada paragraf 15 sampai akhir, penulis menutup cerita pendek tersebut dengan amanat dari Kyai Mohammad Solikhin.

Evaluasi
Biasanya dalam cerpen hanya memiliki 1 kejadian saja. Namun dalam cerpen ini ada 2 kejadian, yaitu tentang kisah Kyai Mercon dan keluarga kucing. Akan lebih bagus jika cerpen ini hanya fokus pada kisah kucingnya yang dirasa sangat menarik.

Namun demikian, cerpen ini sangat menarik dan memberikan motivasi bagi para pembacanya. Selain itu, cerpen ini juga dapat membuat pembaca ikut merasakan seperti yang ada dalam cerita tersebut.

Rangkuman
Cerpen ini sangat menarik karena memiliki gaya penulisan yang khas. Selain itu, kata yang digunakan dalam cerpen ini mudah untuk dipahami para pembaca. Sehingga cerpen ini wajib dibaca karena terdapat banyak motivasi dan nasehat di dalamnya.

4. Contoh Teks Ulasan Novel

Contoh Teks Ulasan Novel

Orientasi
Novel berjudul “Hujan” merupakan karya dari Tere Liye yang bercerita tentang keinginan seorang tokoh utama yaitu Lail yang berniat menghapus memori mengenai seseorang. Kemudian Lail meminta bantuan Elijah. Lail menceritakan alasan kepada Elijah mengapa dirinya harus menghapus memori itu.

Tafsiran
Laik adalah seorang gadis berusia 13 tahun yang menjadi yatim piatu karena bencana alam gempa bumi dari gunung purba yang menyebabkan tsunami di belahan bumi lain. Saat terjadi bencana tersebut, Laik bertemu dengan seorang lelaki bernama Esok. Lelaki tersebut yang menarik tas punggungnya sehingga membuat dia tidak jadi tergelincir dalam lorong kereta bawah tanah.

Kemudian keduanya terjebak dalam kisah cinta selama pengungsian. Uniknya, mereka berdua memiliki cara yang “santun” dalam menjaga hati. Sehingga membuat percintaan mereka menjadi tidak biasa.

Laik bertemu sahabat setianya, yaitu Maryam setelah masa pengungsian dan mereka pindah ke panti. Hubungan persahabatan mereka sangat akrab. Maryam mengetahui bahwa hubungan Lail dan Esok lebih dari sekedar cinta biasa. Karakter Lail yang introvert, membuat ia tidak marah ketika hubungannya diganggu oleh Maryam.

Diceritakan bahwa bencana yang terjadi hanyalah permulaan, setelah itu terjadi musim dingin yang berkepanjangan. Hal ini membuat pemerintah meluncurkan sebuah pesawat ulak-alik untuk mengembalikan iklim agar menjadi keadaan semula. Namun tidak ada efek yang terjadi.

Evaluasi
Novel ini ditulis dengan bahasa yang dapat menyihir para pembaca. Sehingga memaksa pembaca agar tetap tegar ketika mengalami masalah yang berat dan merasakan jatuh cinta.

Rindu bertemu pasangan dan berjumpa kembali setelah sekian lama terpisah. Seseorang yang melewati masa itu mungkin akan tersenyum mengetahui tingkah Lail. Imajinasi akan dibuat melayang oleh novel ini.

Rangkuman
Tema novel yang diulas tidak seperti tema romantis kebanyakan. Novel hujan tidak hanya membahas mengenai percintaan, tetapi juga berbagai hal ilmiah.

Novel yang menggambarkan mengenai kepastian yang tidak pasti dan kabar yang tidak pernah dikabarkan. Yang membuat sepasang kekasih menunggu untuk saling mengungkapkan cintanya.

Itulah beberapa contoh teks ulasan beserta strukturnya. Semoga bermanfaat dan bisa menambah pemahaman kamu tantang teks ulasan ya. 🙂

Baca Juga : Contoh Teks Prosedur

Tinggalkan komentar