Contoh Teks Deskripsi

Pernahkah kamu membaca sebuah teks yang menceritakan suatu objek seperti tempat, orang, atau hewan? Jika pernah berarti kamu telah membaca teks deskripsi. Lalu apasih yang dimaksud dengan teks deskripsi itu? Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan dibawah ini yang akan mengulas secara lengkap mengenai pengertian, jenis, dan contoh teks deskripsi.

Pengertian Teks Deskripsi

Deskripsi sendiri memiliki arti sebuah gambaran, pembeberan atau perincian. Jadi, teks deskripsi adalah sebuah teks yang gagasan utamanya disampaikan dengan cara menggambarkan atau melukiskan secara jelas suatu objek, tempat, atau peristiwa yang sedang menjadi topik kepada pembaca.

Tujuan dari teks deskripsi adalah membuat pembaca seakan-akan berada di tempat kejadian, ikut mengalami, melihat, mendengarkan dan merasakan mengenai suatu hal peristiwa atau adegan.

Ciri-Ciri Teks Deskripsi

Teks deskripsi memiliki ciri-ciri yang sangat jelas, sehingga akan sangat mudah untuk membedakan teks ini dengan teks yang lainnya. Berikut ciri-ciri dari teks deskripsi :

  • Paragraf deskripsi menggambarkan atau melukiskan sesuatu.
  • Paragraf yang digambarkan dijelaskan secara sangat jelas, rinci dan melibatkan kesan indera.
  • Ketika pembaca membaca teks deskripsi, maka seolah-olah pembaca akan mengikuti atau merasakan langsung topik yang sedang dibahas di dalam teks.
  • Teks deskripsi menjelaskan ciri-ciri fisik objek seperti warna, bentuk, ukuran atau ciri-ciri psikis/keadaan suatu objek dengan rinci.

Struktur Teks Deskripsi

Untuk menyusun teks deskripsi secara utuh, dibutuhkan 3 struktur yaitu :

1. Identifikasi

Identifikasi adalah bagian yang berisi penentu identitas seseorang, benda atau objek yang lainnya.

2. Klasifikasi

Klasifikasi adalah unsur penyusun bersistem dalam kelompok menurut suatu kaidah atau standar yang telah ditentukan.

3. Deskripsi

Struktur ini berisi gambaran atau penjelasan tentang suatu objek atau topik yang ada dalam teks tersebut.

Jenis Teks Deskripsi

Teks deskripsi terdiri dari 3 jenis, yaitu teks deskripsi subjektif, spasial, dan objektif. Berikut penjelasannya ketiga teks tersebut :

  • Teks deskripsi subjektif, yaitu teks yang penggambaran objeknya berdasarkan apa yang dilihat dan dirasakan oleh penulis teks tersebut.
  • Teks deskripsi spasial, yaitu teks yang menjelaskan tentang suatu objek hanya berupa benda, ruang, tempat dan lain sebagainya.
  • Teks deskripsi objektif, yaitu teks yang menggambarkan suatu objek dengan apa adanya berdasarkan objek yang sebenarnya. Dalam hal ini penulis tidak menambahkan opini atau pendapat pribadi terhadap objek tersebut.

Kaidah Kebahasaan Teks Deskripsi

Berikut adalah 7 kaidah kebahasaan teks deskripsi :

  1. Menggunakan kata benda sesuai dengan topik yang dideskripsikan. Contohnya, sekolahan, rumah, teman saya, guruku dan lain sebagainya.
  2. Menggunakan kata frasa yang mengandung kata benda. Contohnya, beliau adalah seorang kepala sekolah yang baik hati.
  3. Mengandung kata sifat yang bersifat menggambarkan. Contohnya dua sepatu hitam, satu siswa rajin, dan lain sebagainya.
  4. Mengandung kata kerja transitif untuk memberikan informasi subjek. Contohnya, siswa itu memakai baju seragam putih abu-abu, dan lain sebagainya.
  5. Mengandung kata kerja (pendapat, perasaan) untuk mengungkapkan pandangan pribadi penulis tentang subjek. Contohnya, saya pikir itu adalah burung cerdas, saya meyakini buku itu mahal sekali, dan lain sebagainya.
  6. Mengandung kata keterangan untuk memberikan informasi tambahan tentang suatu objek. Contohnya, di sekolah, di rumah, di kantor, dan lain sebagainya.
  7. Mengandung bahasa kiasan berupa perumpamaan atau metafora. Contohnya, kulitnya kuning seperti sawo matang.
Simak Juga : Contoh Teks Prosedur

Contoh Teks Deskripsi Singkat

Agar kamu lebih paham tentang teks deskripsi, berikut kami berikan beberapa contoh teks deskripsi dari berbagai tema.

1. Contoh Teks Deskripsi Hewan

Contoh Teks Deskripsi Tentang Hewan

Kucing

Aku mempunyai kucing bernama Kuro. Bulunya berwarna abu-abu dan putih dengan abu-abu sebagai warna dominan. Kuro mempunyai ekor panjang dan lucu. Kuro suka sekali memakan sosis dengan nasi. Saat Kuro lapar, dia akan mengeong meminta makanan.

2. Contoh Teks Deskripsi Orang 

Tejo

Di sudut pintu duduk seorang laki-laki. Namanya Tejo. Dia memakai celana pendek dan baju kaos yang sudah sobek-sobek, yang menggambarkan kemiskinan dan kemelaratan yang sehari-hari dideritanya. Pada dadanya yang bidang, lengannya yang kukuh penuh urat dan berisi dapat dilihat betapa berat pekerjaan sehari-harinya. Matanya yang cekung dan pipinya yang kempis menyatakan bahwa jalan hidup yang telah ditempuhnya penuh dengan rintangan.

Maya

Maya merupakan seorang penjaga perpustakaan yang amat cantik. Ia memiliki kulit yang putih dan merona. Rambutnya panjang berwarna hitam, wajahnya cantik dan indah. Siapa saja yang melihatnya akan merasa senang dan tenang. Dia juga ramah kepada semua orang, wajar saja jika Maya banyak digemari oleh teman sekelasnya.

3. Contoh Teks Deskripsi Tempat Wisata

Pantai Menganti

Jika diumpamakan permata, pesona Pantai Menganti bak mutiara yang memantulkan cahaya putih kekuning-kuningan. Namun jika diibaratkan gadis maka pesonanya bagaikan sosok yang anggun dan enak dilihat. Sepintas kiasan tersebut memang seperti berlebihan, namun itulah kata yang paling tepat untuk menggambarkan pesona alam Pantai Menganti.

Simak Juga : Contoh Teks Eksposisi

Pantai Lampon

Minggu lalu aku pergi berlibur ke Pantai Lampon. Pantai Lampon terletak di daerah Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Walaupun tidak begitu luas, tapi pantai ini sangat indah karena memiliki suasana yang sangat khas.

Pantai Lampon memiliki bibir pantai yang tipis. Untuk mencapai ke bibir pantai, kita harus menuruni bukit yang tidak terlalu tinggi. Biasanya orang-orang lebih memilih bersantai di bagian atas pantai itu. Dibagian atas itulah yang khas dan indah. Udaranya terasa sangat sejuk, serta lingkungannya bersih terbebas dari sampah.

4. Contoh Teks Deskripsi Ruangan

Kamar Puspa

Kamar berukuran 6 X 7 m itu sangat nyaman ditempati. Dindingnya dicat warna biru. Sebuah sofa berwarna pink diletakan di pojok ruangan dengan lampu hias yang terdapat di kedua sisinya. Di sisi kiri kamar terdapat tv 28 inchi yang bertengger manis di atas rak TV berbahan kayu jati. Diatas rak TV tersebut juga terdapat DVD player, pengeras suara dan playstation. Agar terlihat lebih indah, diletakan pula akuarium kecil di sudut rak TV.

Bersebrangan dengan rak TV, di sisi kanan kamar terdapat rak buku cukup besar. Rak buku tersebut memuat buku-buku seperti buku novel, komik, kamus, buku pelajaran bahkan ensiklopedia. Ditambahkan juga di samping rak buku sebuah tanaman hias untuk menghilangkan suasana yang membosankan. Diatas rak buku bertengger AC ¾ PK yang menambah kenyamanan di dalam kamar Puspa itu.

5. Contoh Teks Deskripsi Makanan

Jambu

Aku mempunyai banyak pohon jambu di kebun belakang rumah. Pohon-pohon tersebut hanya memiliki tinggi sekitar 1 – 1,5 meter saja. Saat ini buahnya sangat banyak. Ketika aku ingin memakan buah jambu, aku tinggal memetiknya saja. Pohon-pohon jambu tersebut dikelilingi oleh pagar.

Tempe Mendoan

Tempe mendoan adalah salah satu makanan khas dari Banyumas. Makanan ini memiliki rasa yang lezat, nikmat dan gurih. Mendoan terbuat dari tempe yang dicampur tepung terigu, daun bawang serta bumbu lainnya kemudian digoreng. Banyak sekali yang menyukai makanan ini, karena memang benar-benar lezat.

6. Contoh Teks Deskripsi Sekolahan

Aku adalah siswa di SMP N 1 Ajibarang. Sekolahku merupakan sekolah unggulan di Ajibarang dan memiliki gedung sekolah yang nyaman. Gedung sekolahku berdiri diatas tanah seluas 4000 meter persegi. Bangunan sekolahku memiliki luas 1750 meter persegi dan sisanya merupakan tanah lapangan yang memiliki banyak fungsi.

Ada lapangan untuk upacara, lapangan untuk olahraga voli, sepak bola dan basket. Bagian lainnya digunakan untuk taman. Taman ini ditanami berbagai macam bunga dan pepohonan rindang. Di taman juga dipasang kursi-kursi yang bisa digunakan untuk bersantai. Kami belajar dengan nyaman di dalam kelas yang menggunakan AC alami. Masing-masing kelas juga dilengkapi satu wastafel dan kamar mandi.

Tak hanya itu, masing-masing kelas juga ada LCD dan 12 ruang laboratorium untuk mendukung pembelajaran. Laboratorium itu terdiri dari ruang laboratorium fisika, kimia, matematika, biologi, multimedia dan bahasa. Di sekolahku juga terdapat kolam renang dengan luas 10 X 15 meter.

7. Contoh Teks Deskripsi Lainnya 

Di teras rumah sudah tersedia nasi hangat dan aneka lauk pauk. Selain bermacam-macam sayur dan tempe goreng, terdapat juga sambal dan lalapan. Lebih istimewa lagi, ada ayam bakar yang masih mengepulkan asap. Terpaan angin laut dan yang dingin dan lezatnya ayam bakar membuat kami semakin lapar dan selera makan kami meningkat tajam. Karena itu, setelah dipersiapkan oleh tuan rumah, kami tidak langsung menyantap semua hidangan tanpa malu-malu. Nikmat, gurih, dan pedas kami rasakan sampai benar-benar kenyang.

Nah itulah beberapa contoh teks deskripsi singkat tentang hewan, orang, tempat dan makanan beserta penjelasan dan ciri-cirinya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Contoh Teks Ulasan

Tinggalkan komentar