Teks Diskusi : Pengertian, Tujuan, Struktur, dan Contohnya

Contoh Teks Diskusi – Diskusi merupakan suatu interaksi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih. Biasanya komunikasi berupa pengetahuan dasar atau salah satu ilmu yang akhirnya akan memberikan rasa pemahaman yang baik dan benar.

Pengertian Teks Diskusi

Pengertian Teks Diskusi

Teks diskusi adalah sebuah teks yang memberikan dua pendapat berbeda mengenai suatu hal (pro dan kontra). Perbedaan pendapat yang diusung akan membuat kedua belah pihak saling membicarakan masalah yang menjadi persoalan (diskusi).

Salah satu manfaat dari diskusi yaitu dapat memperluas pengetahuan dan memperbanyak pengalaman. Diskusi adalah salah satu kegiatan percakapan. Diskusi adalah pertukaran pikiran, gagasan dan pendapat antara dua orang atau lebih secara lisan.

>> Baca juga : Teks Eksplanasi

Tujuan Diskusi

Tujuan dari diskusi adalah untuk mencari kesepakatan atau kesepahaman gagasan/pendapat. Diskusi yang dilakukan oleh beberapa orang disebut dengan diskusi kelompok.

Dalam diskusi kelompok dibutuhkan seorang leader yang disebut ketua diskusi. Ketua diskusi bertugas membuka dan menutup diskusi, menengahi anggota yang berdebat, membangkitkan minat anggota untuk menyampaikan gagasan dan menyimpulkan hasil diskusi.

Ciri-Ciri Teks Diskusi

Teks diskusi memiliki karakteristik tersendiri, yaitu :

  1. Terdiri dari isu, argumen pendukung (pro), argumen menentang (kontra), dan kesimpulan.
  2. Berisi informasi yang cenderung memiliki sifat informatif-argumentatif.

Struktur Teks Diskusi

Ada 4 struktur penyusun dalam teks diskusi. Berikut 4 struktur teks diskusi tersebut :

1. Isu

Struktur pertama dalam teks diskusi yaitu isu. Bagian ini berisi masalah yang akan didiskusikan lebih lanjut.

2. Argumen Pendukung

Argumen pendukung atau Pro merupakan argumen yang mendukung hal-hal yang menjadi masalah diskusi. Dalam struktur ini pembahasan mengarah ke arah yang sama.

3. Argumen Menentang

Argumen menentang atau kontra merupakan argumen yang bertentangan dengan argumen pendukung.

4. Kesimpulan

Bagian ini berisi kesimpulan dan rekomendasi tentang isi yang dibahas, baiknya adalah mengambil jalan tengah tentang sesuatu yang sedang didiskusikan.

Kaidah Kebahasaan Teks Diskusi

1. Penggunaan Konjungsi Perlawanan
Konjungsi perlawanan menggunakan kata hubung seperti tetapi, namun, sedangkan, sebaliknya.

2. Penggunaan Kohesi Leksikal Gramatikal
Kohesi leksikal merupakan perpaduan yang dicapai melalui pemilihan kata. Sedangkan kohesi gramatikal adalah perpaduan yang dicapai dengan menggunakan elemen dan aturan gramatikal.

3. Penggunaan Modalitas
Modalitas yaitu kata yang memiliki makna kenyataan, kemungkinan, dan sebagainya yang dinyatakan dalam kalimat. Biasanya dinyatakan dengan kata-kata seperti ingin, akan, harus, mungkin.

Jenis Teks Diskusi

Jenis Teks Diskusi

Teks diskusi terdiri dari beberapa jenis, yaitu :

1. Kongres
Kongres sebuah pertemuan besar dalam perwakilan organisasi (politik, sosial, profesional) untuk membahas dan membuat keputusan.

2. Lokakarya
Lokakarya adalah suatu pertemuan para ahli dibidang tertentu untuk membahas masalah yang berkaitan dengan keahlian mereka serta untuk menemukan sebuah solusi dalam masalah tersebut.

3. Sarasehan
Yaitu sebuah pertemuan yang dilakukan untuk mendengarkan pendapat seorang ahli di dalam bidang tertentu. Dalam kegiatan ini dilakukan dengan menghadirkan serangkaian undangan tertentu.

4. Muktamar
Muktamar adalah sebuah pertemuan yang diadakan dengan pimpinan pusat organisasi. Pertemuan ini dihadiri oleh para wakil organisasi untuk mengambil keputusan mengenai permasalahan yang sedang dihadapi.

5. Seminar
Seminar merupakan sebuah pertemuan khusus yang memiliki teknis dan akademis dengan tujuan untuk melakukan studi menyeluruh mengenai suatu topik tertentu.

6. Simposium
Simposium sebuah pidato pendek yang dilakukan oleh seseorang di depan para peserta atau pengunjung yang datang.

7. Diskusi Panel
Diskusi panel merpakan sekelompok orang yang mendiskusikan topik mengenai kelebihan pada pendengar diskusi.

Contoh Teks Diskusi

Contoh Teks Diskusi

Agar kamu lebih paham mengenai teks diskusi, berikut ini kami sampaikan beberapa contoh teks diskusi beserta strukturnya dari berbagai topik.

1. Contoh Teks Diskusi Tentang Narkoba

Isu
Bahaya buruk dari narkoba tentunya sudah diketahui oleh banyak masyarakat. Tetapi sampai saat ini masih ditemukan penyalahgunaan dari narkoba.

Narkoba atau narkotika dan obat-obatan berbahaya adalah zat adiktif atau psikotropika yang dapat memberikan efek candu atau ketagihan bagi yang mengonsumsinya. Serta dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan tubuh jika digunakan secara terus-menerus dalam dosis yang berlebihan.

Argumen Mendukung
Contoh bahaya yang disebabkan oleh narkoba diantaranya adalah :
1. Mengganggu kinerja jantung
2. Kerusakan otak
3. Gangguan pada paru-paru
4. Gangguan fungsi reproduksi
5. Gangguan pembuluh darah dan menyebabkan tekanan darah meningkat
6. Turunnya nafsu makan hingga membuat berat badan berkurang
7. Mual dan muntah-muntah
8. AIDS

Argumen Menentang
Namun narkoba tidak sepenuhnya berdampak buruk jika digunakan dengan benar dan tepat. Zat-zat seperti psikotropika ini sebenarnya masih digunakan dalam dunia kedokteran. Contohnya adalah untuk melakukan bius pada pasien yang ada dalam suatu obat khusus. Tetapi dosis yang digunakan sangat kecil dan tidak menimbulkan bahaya.

Kesimpulan
Ketika kita sudah mengetahui bahaya-bahaya dari narkoba, sebaiknya kita menghindari penyalahgunaan narkoba. Kita juga harus berhati-hati karena pergaulan zaman sekarang yang semakin bebas.

>> Simak juga : Contoh Teks Biografi

2. Contoh Teks Diskusi Tentang Kesehatan

Contoh Teks Diskusi

Dampak Kebiasaan Minum Teh

Isu
Kebiasaan minum teh sudah dilakukan dari zaman dahulu. Teh biasanya disajikan ketika ada acara pertemuan keluarga, kunjungan tamu, atau bagian dari sarapan pagi dan bersantai di malam hari.

Teh berasal dari Asia Tenggara. Teh diperkenalkan sejak 5000 tahun yang lalu bahwa minuman ini berkhasiat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Aroma dan rasanya yang khas membuat minuman ini banyak digemari oleh semua orang. Meskipun banyak manfaatnya, tetapi jika berlebihan mengonsumsi teh juga dapat menimbulkan kerugian untuk tubuh.

Argumen Mendukung
1. Terdapat beberapa kandungan aktif dalam teh yang bermanfaat bagi kesehatan seperti :Polyphenols (10-25%) berfungsi sebagai antioksidan untuk mencegah berkembangnya sel kanker.
2. Vitamin C (150-250 mg%) dan vitamin E (25-70 mg%) yang dapat membantu memperkuat daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan jantung.
3. Caffein (45-50 mg%), beta karoten (13-20%) dan flour (0,1-4,2 ml/L) yang berfungsi membantu mencegah tumbuh nya karies pada gigi serta memperkuat gigi.

Argumen Menentang
Tetapi dibalik manfaatnya yang banyak tersebut, mengonsumsi teh secara berlebihan juga dapat mengakibatkan dampak buruk bagi kesehatan. Caffein yang terkandung dalam teh dapat menyebabkan proses penyerapan makanan menjadi terhambat.

Selain itu, caffein juga memiliki sifat ketergantungan yang dapat menyebabkan tubuh menjadi terasa fit jika tidak mengonsumsinya. Sedangkan dampak kafein pada ibu menyusui adalah dapat mempengaruhi kelenjar ASI sehingga menghambat kelancaran dan kesediaan ASI. Mineral yang terkandung dalam teh juga mempunyai kecenderungan membantu terbentuknya batu ginjal.

Kesimpulan
Jika kamu ingin mengonsumsi teh yang sehat, disarankan untuk mengonsumsi sebanyak 5 cangkir dengan ukuran 200 ml setiap harinya. Karena jumlah tersebut masih dalam batas normal kafein yang bisa dikonsumsi, yaitu setara 750 mg/hari.

Usahakan juga menyeduh teh dengan tidak terlalu banyak air dan tidak ditambahkan gula untuk mencegah rusaknya kandungan zat yang ada di dalam teh dan mencegah hilangnya manfaat teh.

Hindari juga mengonsumsi teh dalam keadaan perut kosong, karena dapat meningkatkan reproduksi asam lambung sehingga berpengaruh pada pencernaan.

3. Contoh Teks Diskusi Lainnya

Contoh Teks Diskusi

Dampak Teknologi Elektronik bagi Remaja Masa Kini

Pada zaman yang modern ini, banyak sekali hal yang sudah berkembang di Indonesia, salah satunya dalam bidang teknologi elektronik. Perkembangan teknologi elektronik ini berkembang sangat pesat di Indonesia. Namun, perkembangan tersebut juga memberi pengaruh atau terhadap konsumennya, khususnya para remaja masa kini.

Contoh teknologi elektronik yang disukai remaja masa kini adalah handphone (hp). Mereka menyukai hp karena teknologi elektronik yang satu ini sangat berbeda dari yang lainnya. Mungkin karena bentuknya yang simple sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana.

Tetapi teknologi elektronik ini memiliki dampak negatif dan juga dampak positif bagi penggunanya. Contoh dampak negatifnya adalah para remaja dapat kecanduan sehingga membuat lupa waktu untuk menuntut ilmu sebagaimana mestinya.

Adapun dampak positifnya, yaitu para remaja dapat mengenal lebih luas teknologi-teknologi yang ada serta dapat menggunakannya sebagai alat yang bermanfaat.

Oleh karena itu, kita sebagai remaja harus pandai memanfaatkan teknologi elektronik ini sebaik-baiknya. Jangan digunakan untuk hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Demikian ulasan lengkap menenai pengertian, struktur, jenis dan contoh teks diskusi. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu kamu menyelesaikan tugas. Jika ada yang kurang paham silahkan tanyakan pada kolom komentar.

Baca juga : Contoh Teks Negosiasi

Baca juga artikel dari Pantainesia

Tinggalkan komentar