Contoh Teks Eksplanasi

Pernahkah kamu membaca teks atau berita tentang bencana alam seperti gunung meletus, tsunami, atau gempa bumi? Jika pernah berarti kamu sudah membaca teks eksplanasi. Jadi, apa sebenarnya yang dimaksud dengan teks eksplanasi? Berikut ulasan lengkap mengenai pengertian, ciri-ciri, struktur, dan contoh teks eksplanasi.

Pengertian Teks Eksplanasi

Pengertian Teks Eksplanasi

Apa itu teks eksplanasi? Secara etimologi, kata eksplanasi berasal dari bahasa inggris yaitu Eksplanation yang artinya penjelasan atau keterangan. Sedangkan secara istilah, teks eksplanasi adalah sebuah teks yang menjelaskan tentang suatu proses terbentuknya atau terjadinya suatu fenomena alam atau sosial.

Setiap peristiwa atau kejadian disekitar kita pasti memiliki sebab akibat dan sebuah proses di dalamnya. Peristiwa tersebut dapat kita amati dan rasakan dengan mudah. Bahkan kita juga dapat mempelajari polanya dengan menggunakan aspek “mengapa” dan “bagaimana” terjadinya peristiwa tersebut.

Tujuan dibuatnya teks eksplanasi adalah untuk :

  • Menjelaskan suatu fenomena atau peristiwa yang terjadi.
  • Menjelaskan sebab-akibat dari suatu fenomena atau peristiwa.

>> Baca juga : Teks Diskusi

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Setiap teks pasti memiliki ciri-ciri tersendiri, tak terkecuali dengan teks eksplanasi ini. Teks eksplanasi juga memiliki ciri-ciri tersendiri yang dapat memudahkan kita untuk membedakanya dari teks lainnya. Berikut adalah ciri-ciri dari teks eksplanasi :

  • Informasi yang dimuat berdasarkan kenyataan atau fakta.
  • Fakta informasi bersifat keilmuan atau berkaitan dengan ilmu pengetahuan.
  • Memiliki tiga struktur yaitu pernyataan umum, sebab-akibat, dan interpretasi.
  • Bersifat informatif dan tidak mempengaruhi pembaca untuk percaya dengan topik yang sedang dibahas. .
  • Menggunakan kata penanda urutan.

Struktur Teks Eksplanasi

Sebelum masuk ke contoh teks eksplanasi, mari pahami terlebih dahulu stuktur dari teks eksplanasi. Teks eksplanasi memiliki tiga struktur yang sangat berpengaruh. Tanpa adanya struktur tersebut, teks eksplanasi akan sukar untuk dipahami. Berikut ketiga struktur teks tersebut :

1. Pernyataan Umum

Struktur teks eksplanasi yang pertama yaitu pernyataan umum. Struktur ini berisi penjelasan tentang suatu peristiwa yang akan dibahas, dapat berupa pengenalan peristiwa tersebut atau penjelasannya.

2. Penjelasan Sebab-Akibat

Struktur teks eksplanasi yang kedua adalah sebab-akibat. Struktur ini berisi penjelasan mengenai suatu tahapan-tahapan dalam peristiwa. Struktur ini disusun secara bertahap, yakni dari awal sampai akhir peristiwa.

3. Interpretasi (kesimpulan)

Struktur ini berisi tentang intisari atau kesimpulan dari suatu teks eksplanasi. Interpretasinya juga dapat berupa tanggapan atau kesimpulan atas pernyataan yang ada dalam teks tersebut.

Jenis Teks Eksplanasi

Ada 4 jenis teks eksplanasi menurut NWS Departement School and Education (2012), yaitu sebagai berikut :

1. Eksplanasi Sequential, adalah jenis teks eksplanasi yang menjelaskan rincian tahapan suatu fenomena. Contohnya : Urutan siklus kehidupan rantai makanan.

2. Eksplanasi Kausal, adalah jenis teks eksplanasi yang menjelaskan mengenai penyebab terjadinya perubahan pada suatu hal secara bertahap. Contohnya : Proses terjadinya tanah longsor.

3. Eksplanasi Teoritis, adalah jenis teks eksplanasi yang berisi spekulasi kemungkinan yang akan terjadi dibalik suatu fenomena alam. Contohnya : Letusan gunung merapi yang mungkin akan memicu bencana alam lain yang lebih dahsyat.

4. Eksplanasi Faktorial, adalah jenis teks eksplanasi yang menjelaskan mengenai efek dan hasil dari suatu proses. Contohnya : Efek terjadinya kolonialisasi.

Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi pada umumnya memiliki beberapa kaidah kebahasaan sebagai berikut :

  • Fokus pada hal umum atau generik, bukan pada partisipan manusia. Contoh : gempa bumi, banjir, tsunami dan lainnya.
  • Menggunakan kalimat pasif.
  • Menggunakan istilah ilmiah.
  • Lebih banyak menggunakan kata kerja aktif (material dan rasional).
  • Menggunakan konjungsi waktu dan kausal. Contohnya penggunaan : bila, sehingga, kemudian, jika, sebelum, dan kemudian.
  • Eksplanasi ditulis untuk membuat justifikasi bahwa sesuatu yang diterangkan secara kausal sesuai dengan fakta atau benar adanya.

Contoh Teks Eksplanasi Singkat

Berikut 5 contoh teks eksplanasi beserta strukturnya :

1. Contoh Teks Eksplanasi Sosial

Contoh Teks Eksplanasi Sosial

Pernyataan Umum
Media sosial merupakan sarana untuk bergaul yang dilakukan dengan menggunakan jaringan internet. Penggunanya dapat dengan mudah mengirim pesan, mengirim berita, mencari informasi dan kegiatan lainnya kepada pengguna lain.

Sebab Akibat
Perkembangan teknologi yang pesat menjadi penyebab utama dari hal ini. Saat ini media sosial sudah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian anak kecil hingga dewasa. Pemakaian media sosial harus bijaksana agar tidak merugikan diri sendiri. Pada dasarnya media sosial adalah alat untuk berkeluh kesah. Tetapi banyak orang yang menggunakannya untuk membully orang lain.

Interpretasi (kesimpulan)
Media sosial merupakan sarana komunikasi yang dapat mempermudah interaksi antar manusia. Media sosial dapat bermanfaat untuk pendidikan, perekonomian dan lainnya. Tetapi dapat juga membuat kerugian jika di salah gunakan sehingga harus berhati-hati dalam menggunakannya.

>> Simak juga : Contoh Teks Prosedur

2. Contoh Teks Eksplanasi Budaya

Contoh Teks Eksplanasi Budaya

Pernyataan Umum
Wayang adalah seni pertunjukan asli dari Indonesia yang berkembang pesat di Pulau Jawa dan Bali. Selain di dua daerah tersebut, seni pertunjukan wajang juga populer di Semenanjung Malaya dan Sumatera, dimana budaya wayang di daerah ini dipengaruhi oleh kebudayaan Jawa dan Hindu.

Bagian Penjelas Sebab Akibat
Pada tanggal 7 November 2003, lembaga kebudayaan dunia, UNESCO menetapkan wayang sebagai pertunjukan bayangan boneka terkenal dari Indonesia. Seni pertunjukan wayang berasal dari Prasasti Balitung pada abad ke 4 yang berbunyi Galigi mawayang.

Ketika Islam datang, muncullah boneka wayang yang terbuat dari kulit sapi, dimana pertunjukannya hanya menampilkan bayangannya saja. Wayang inilah yang sekarang kita kenal dengan sebutan wayang kulit. Selain itu, ada juga wayang yang digunakan untuk menyebarkan Islam dengan memperkenalkan nilai-nilai Islam, yaitu wayang Sadat.

Interpretasi (kesimpulan)
Pewayangan memiliki filosofi yang tersimpan di dalamnya, yaitu selalu mengajak berbuat baik dan tidak melakukan kejahatan, serta menanamkan semangat “amar ma’ruf nahi mungkar” kepada masyarakat.

3. Contoh Teks Eksplanasi Banjir

Contoh Teks Eksplanasi Banjir

Pernyataan Umum
Banjir merupakan peristiwa yang terjadi ketika air merendam daratan. Banjir biasanya datang mendadak dan mengalir deras hingga menghanyutkan benda-benda yang dilalui. Banjir dapat mengakibatkan berbagai masalah seperti sosial, ekonomi dan sarana prasarana yang ada.

Sebab Akibat
Banjir dapat terjadi karena beberapa sebab. Penyebab yang pertama karena curah hujan yang tinggi sehingga air sungai meluap. Ditambah dengan adanya sampah di sungai yang dibuang sembarangan oleh manusia.

Penyebab yang kedua karena hutan yang gundul. Hutan gundul dapat menjadi penyebab banjir karena akar pohon yang seharusnya berfungsi untuk menyerap air tidak ada. Sehingga air tidak terserap dan mengalir deras ke daratan.

Interpretasi (kesimpulan)
Dampak dari terjadinya banjir ada 3 yaitu dampak primer, dampak sekunder dan dampak tersier (jangka panjang).

Dampak primer : Kerusakan fisik seperti bangunan, jembatan, mobil, dan jalan raya.
Dampak sekunder : Penyakit, persediaan air, transportasi, pepohonan, pangan dan kesediaan pangan.
Dampak tersier (jangka panjang) : ekonomi menjadi sulit karena jumlah wisatawan menurun, kelangkaan makanan, dan biaya pembangunan kembali.

Sehingga kita harus lebih disiplin lagi dalam membuang sampah. Karena jika kita membuang sampah sembarangan (khususnya di sungai) nantinya kita juga yang akan merasakan efeknya.

4. Contoh Teks Eksplanasi Tsunami

Contoh Teks Eksplanasi Tsunami

Pernyataan Umum
Tsunami berasal dari bahasa jepang dan terdiri dari 2 suku kata yaitu “tsu” atau pelabuhan dan “nami” atau gelombang. Para ilmuwan mengartikan dengan sebutan gelpmbang pasang (tidal wave) dan gelombang air laut akibat gempa (seismic sea waves).

Tsunami adalah gelombang air laut yang datang secara tiba-tiba dengan kecepatan tinggi yang menuju ke pantai dan disebabkan karena gempa dibawah laut atau aktivitas gunung berapi.

Sebab-Akibat
Tsunami terbentuk karena adanya gempa sehingga permukaan dasar laut naik turun dan menyebabkan keseimbangan air laut terganggu. Sesaat setelah terjadi gempa, air laut akan mengalami surut dan akan kembali ke daratan dengan gelombang yang besar atau disebut tsunami.

Selain gempa, tsunami juga dapat disebabkan oleh letusan gunung berapi di dasar laut yang menjadikan tingginya pergerakan air laut. Tsunami memiliki kecepatan gelombang yang cukup cepat, bahkan dapat mencapai 700 km/jam dan hampir sama dengan kecepatan pesawat. Tinggi gelombang tsunami biasanya 50 – 100 meter dan menyebar ke semua arah.

Interpretasi (kesimpulan)
Tsunami menjadi salah satu bencana alam yang sangat berbahaya bagi manusia. Tsunami dapat menyebabkan kerusakan besar bahkan dapat merenggut ratusan korban jiwa sekaligus. Maka dari itu kita harus selalu waspada dan menyiapkan diri untuk menghadapi bencana alam tsunami.

5. Contoh Teks Eksplanasi Gempa Bumi

Pernyataan Umum
Gempa bumi merupakan goncangan atau getaran yang terjadi karena pergerakan lapisan batu bumi yang berasal dari bawah atau dasar permukaan bumi. Bencana alam ini sering terjadi di daerah yang berdekatan dengan gunung berapi dan juga daerah yang dikelilingi lautan luas.

Sebab-Akibat
Gempa bumi terjadi karena adanya pergerakan lapisan dasar bumi dan letusan gunung yang dahsyat. Goncangan gempa bumi sangat kuat dan merambat ke semua arah sehingga dapat menghancurkan bangunan dan dapat menelan korban jiwa. Gempa bumi dapat digolongkan menjadi 2 yaitu gempa tektonik dan gempa vulkanik.

Gempa tektonik merupakan gempa terjadi karena lapisan kerak bumi menjadi lunak sehingga mengakibatkan pergeseran. Sedangkan gempa vulkanik adalah gempa yang terjadi akibat adanya letusan gunung berapi yang dahsyat.

Interpretasi (kesimpulan)
Gempa bumi dapat terjadi dimanapun tanpa mengenal musim. Meski demikian, konsentrasi gempa cenderung terjadi di tempat seperti batas Plat Pasifik. Tempat ini disebut juga sebagai lingkaran api karena terdapat banyak gunung berapi.

Itulah beberapa contoh teks eksplanasi beserta strukturnya. Semoga artikel ini bisa membantu serta menambah wawasanmu.

Baca juga : Contoh Teks Eksposisi

Baca juga artikel dari Pantainesia

Tinggalkan komentar