Contoh Teks Eksposisi

Hallo, berjumpa kembali di bahassemua.com. Pada artikel kali ini kami akan memberikan beberapa contoh teks eksposisi singkat beserta strukturnya. Namun sebelum masuk ke contoh-contoh teks eksposisi, mari kita pahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan teks eksposisi. Berikut penjelasannya.

Pengertian Teks Eksposisi

Pengertian Teks Eksposisi

Secara harfiah, teks eksposisi adalah sebuah teks yang berisi sejumlah informasi penting. Teks tersebut ditulis secara singkat, padat dan jelas, serta mudah dipahami oleh setiap orang yang membacanya. Dengan begitu, seseorang yang membaca teks tersebut akan memperoleh informasi yang aktual dari suatu persoalan.

Ada juga yang mengartikan teks eksposisi adalah teks yang ditulis dengan tujuan untuk menjelaskan suatu topik pembahasan melalui paragraf yang singkat, padat dan jelas. Kalimat-kalimat yang digunakan pada teks eksposisi biasanya bersifat mengajak atau menarik perhatian dari pembacanya. Sehingga seorang pembaca tertarik untuk mengikuti atau melakukan sesuatu seperti yang dijelaskan pada teks tersebut.

Disamping bersifat mengajak, teks eksposisi juga bersifat tidak memihak kepada kelompok atau suatu golongan tertentu. Kalimatnya baku dan sesuai dengan ejaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Ciri-Ciri Teks Eksposisi

Teks eksposisi memiliki beberapa ciri-ciri sebagai berikut :

  1. Gaya penulisan teks eksposisi persuasif atau dengan kata lain bersifat mengajak.
  2. Teks eksposisi berisi penjabaran atau penjelasan terkait informasi-informasi yang terhubung dengan pengetahuan.
  3. Tulisan tidak memihak dan bersifat objektif.
  4. Penjabaran atau penjelasan informasi yang diberikan disertai dengan adanya data-data yang akurat serta berasal dari sumber yang terpercaya.
  5. Penyampaian dipaparkan secara lugas serta menggunakan bahasa baku sesuai dengan EYD.
  6. Fakta informasi yang diberikan banyak digunakan sebagai sebuah alat kontribusi dan konkritasi.

Struktur Teks Eksposisi

Struktur Teks Eksposisi

Teks eksposisi memiliki 3 struktur, yaitu tesis, argumen dan penegasan kembali. Berikut penjelasan tentang ketiga struktur tersebut.

1. Tesis

Struktur pertama teks eksposisi adalah tesis. Tesis merupakan bagian awal dari penulisan sebuah teks eksposisi. Tesis sering disebut juga sebagai bagian pembukaan dari teks. Tesis ini berisi pendapat penulis secara pribadi terkait dengan topik yang akan dibahas pada paragraf tersebut.

2. Argumentasi

Struktur teks eksposisi berikutnya adalah argumentasi. Struktur ini berisi berbagai macam pendapat yang dapat memperkuat pernyataan dari penulis sebelumnya. Untuk memperkuat pendapatnya, penulis dapat mencari informasi dari berbagai sumber. Bisa dari para peneliti atau para pakar di bidangnya.

3. Penegasan Kembali

Struktur teks eksposisi yang terakhir adalah penegasan kembali. Setelah dinyatakan argumentasi, maka perlu adanya penegasan kembali dari pernyataan sebelumnya. Dengan adanya penegasan tersebut, pembaca akan benar-benar dapat memahami sepenuhnya informasi atau isi dari teks tersebut. Struktur ini sering disebut juga sebagai kesimpulan dan terletak pada akhir teks.

Kaidah Kebahasaan Teks Eksposisi

Berikut adalah kaidah kebahasaan dari teks eksposisi :

1. Menggunakan Konjungsi

Konjungsi adalah sebuah kata penghubung yang berfungsi untuk memperkuat argumentasi pada teks eksposisi. Ada banyak sekali jenis konjungsi, salah satunya adalah konjungsi waktu seperti “sebelum, sesudah, kemudian”.

2. Menggunakan Pronomina

Pronomina merupakan kata ganti orang yang dapat digunakan pada saat pernyataan pendapat pribadi diungkapkan. Ada dua jenis pronomina, yaitu pronomina persona (kata ganti orang) dan pronomina nonpersona (kata ganti bukan orang).

3. Menggunakan Kata Leksikal

  • Nomina : kata yang mengacu pada benda, baik berupa benda nyata atau tidak nyata (abstrak).
  • Verba : kata yang mengandung makna dasar perbuatan, proses ataupun keadaan yang bukan sifat.
  • Adjektif : kata yang digunakan untuk menggambarkan sifat atau keadaan orang, binatang dan benda.
  • Adverbia : kata yang melengkapi/memaparkan informasi berupa keterangan waktu, tempat, suasana dan lain-lain.

Jenis Teks Eksposisi

Jenis Teks Eksposisi

Teks eksposisi memiliki beberapa jenis, yaitu teks eksposisi jenis teks berita, ilustrasi, definisi, perbandingan dan teks analisis. 

  1. Teks berita, yaitu jenis teks eksposisi yang menyuguhkan atau menyampaikan informasi suatu fenomena yang terjadi.
  2. Teks ilustrasi, yaitu jenis teks yang mendeskripsikan suatu pokok pembahasan agar dapat dipahami oleh pembaca.
  3. Teks definisi, yaitu jenis teks eksposisi yang memuat informasi tentang pengertian dari suatu objek. Contohnya teks eksposisi yang membahas atau menjelaskan tentang pengertian manajemen. Pada teks ini menjelaskan bahwa manajemen adalah seseorang yang mengelola sebuah lembaga atau instansi tertentu.
  4. Teks perbandingan, yaitu paragraf eksposisi yang berisikan suatu pokok pembahasan yang membandingkan beberapa hal tertentu.
  5. Teks analisis, yaitu teks eksposisi yang berisi tentang penganalisaan suatu pokok pembahasan yang dibuat ke dalam beberapa sub pokok pembahasan.
  6. Teks pertentangan, yaitu teks atau paragraf yang berisi tentang pertentangan akan suatu hal.

Contoh Teks Eksposisi Beserta Strukturnya

Contoh Teks Eksposisi

Berikut beberapa contoh teks eksposisi tentang lingkungan, kesehatan dan hukum lengkap beserta strukturnya.

Contoh Teks Eksposisi 1

Banjir

Tesis :
Di zaman sekarang ini, membuang sampah tidak pada tempatnya, khususnya di sungai seolah menjadi hal yang lumrah. Ditambah lagi banyak orang-orang di kota yang membuang sampah asal-asalan. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya saluran sungai yang terhalang oleh banyaknya sampah, yang suatu saat dapat mengakibatkan bencana banjir.

Argumentasi :
Sebagian pengamat menyimpulkan bahwa setiap tahunnya jumlah manusia yang membuang sampah di sungai terus bertambah. Orang-orang belum juga kapok dengan seringkali terjadinya bencana banjir yang menimpa mereka akibat ulahnya sendiri. Bencana itu banyak memakan korban jiwa. Tidak hanya korban luka-luka, tetapi ada juga korban yang meninggal. Namun kenapa hal ini tidak membuat mereka sadar untuk membuang sampah pada tempatnya.

Penegasan Kembali :
Seharusnya, setelah mengetahui bencana banjir yang terjadi akibat ulah mereka sendiri, mereka mempunyai kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya. Dan juga tidak akan membuang sampah disungai agar tidak merugikan banyak orang dan lingkungan. Serta saluran air sungai menjadi lancar dan tidak menyebabkan bencana banjir.

Contoh Teks Eksposisi 2

Lingkungan Sekolah

Tesis :
Kebersihan lingkungan sekolah merupakan salah satu faktor penting untuk menciptakan kenyamanan, baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan sekitar. Setiap sekolah selalu mengajarkan siswanya untuk menjaga kebersihan sekolah. Bahkan, kebersihan sekolah banyak dilombakan untuk menarik minat sekolah agar mereka peduli terhadap kebersihan. Cara untuk menjaga kebersihan sekolah diantaranya menyapu ruang kelas, membuang sampah pada tempatnya, menghapus papan tulis dan lain-lain.

Argumentasi :
Salah satu cara untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah adalah dengan pembagian piket kelas. Petugas piket biasanya melakukan tugas membersihkan ruang kelas seperti membersihkan papan tulis, menyiapkan spidol, atau menyapu kelas. Selain itu, setiap hari jum’at selalu digunakan untuk melakukan kerja bakti membersihkan sekolah sebelum pelajaran pertama dimulai. Banyak manfaat yang diperoleh dari kegiatan kerja bakti tersebut. Selain lingkungan sekolah menjadi bersih, hubungan antara murid dan guru dapat menjadi semakin akrab dengan adanya kegiatan tersebut.

Penegasan Kembali :
Kebersihan lingkungan sekolah merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sekolah. Selain itu, kebersihan lingkungan sekolah merupakan faktor terpenting dalam meraih proses belajar mengajar. Kebersihan lingkungan sekolah akan lebih menjamin kebersihan seseorang di lingkungan tersebut dan lingkungan sekolah menjadi tetap sehat dan terawat.

Contoh Teks Eksposisi 3

Manfaat Teh Hijau

Tesis :
Teh hijau adalah jenis tanaman yang dijadikan sebagai obat tradisional oleh masyarakat. Teh hijau ini dapat dibudidayakan untuk persediaan obat herbal. Tanaman ini mempunyai banyak peranan dalam dunia kesehatan.

Argumentasi :
Ada banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa teh hijau dapat digunakan sebagai sumber antioksidan, menstabilkan tekanan darah, mencegah diabetes, menghentikan perkembangan sel kanker, dan menurunkan kadar kolesterol. Tidak hanya itu, teh hijau juga dapat digunakan sebagai perawatan wajah seperti mengatasi jerawat, mencerahkan wajah dan mengencangkan kulit wajah. Itu semua karena kandungan yang terdapat pada teh hijau.

Penegasan Kembali :
Maka dari itu dapat dipahami bahwa teh hijau dapat dipakai untuk mengobati berbagai macam penyakit dan perawatan wajah.

Contoh Teks Eksposisi 4

Kesehatan Mata

Tesis :
Mata merupakan salah satu indra penglihatan yang sangat penting bagi manusia untuk berinteraksi dengan siapapun dan dimanapun berada. Maka mata Anda yang sekarang normal dan sehat, jagalah. Ada banyak orang yang memiliki mata minus.

Argumentasi :
Banyak hal yang menjadi faktor terjadinya mata minus seperti membaca buku dengan posisi tidur, membaca terlalu dekat, melihat televisi terlalu dekat. Hal ini terbukti dari pendapat orang-orang bahwa mata minus karena membaca yang terlalu dekat.

Penegasan Kembali :
Maka dari itu jaga baik-baik kesehatan mata dengan menghindari hal-hal yang mengakibatkan mata menjadi minus.

Contoh Teks Eksposisi 5

Tentang Hukum

Tesis :
Wanita sangat rentan menjadi sasaran pelaku kejahatan. Berdasarkan data, Indonesia termasuk negara yang tidak aman terhadap kaum wanita. Hampir setiap hari ada laporan kejahatan terhadap kaum wanita di Indonesia. Malahan ada beberapa kasus yang pelakunya dari keluarga korban sendiri. Kasus tersebut mengundang masukan dari pakar sosial terkait kesalahan struktur masyarakat Indonesia.

Argumentasi :
Negara Indonesia secara tegas menerapkan undang-undang yang menjerat para pelaku tindakan kriminal, namun penerapan hukum tersebut dinilai belum membuat para pelaku tindakan kriminal menjadi jera atau kapok. Negara Indonesia pada konstruksi sosialnya menganut patriarki yang dimana kedudukan lelaki dinilai lebih tinggi dari kedudukan wanita.

Pemerintah Indonesia sebenarnya sudah menerapkan beberapa upaya pencegahan tindakan kriminal seperti mengutamakan kebutuhan wanita di tempat umum, gerbong kereta khusus wanita, sosialisasi pemberdayaan wanita dan lain-lain. Akan tetapi, tetap masih ada oknum-oknum yang melanggar peraturan tersebut.

Penegasan Kembali :
Lantaran sistem patriarki sudah berlangsung turun temurun di Indonesia, mau tidak mau wanita harus menaati seluruh aturan sosial yang condong terjadinya diskriminasi  gender. Dengan begitu apabila ada wanita yang melawan, masyarakat menganggap perlawanan tersebut tidak seharusnya dilakukan. Karena pada dasarnya wanita dinilai memiliki sifat lemah lembut dan taat.

Demikian beberapa contoh teks eksposisi lengkap dengan strukturnya. Semoga bermanfaat.

Baca juga : Contoh Cerpen

Baca juga artikel dari Pantainesia

Tinggalkan komentar