Seni Rupa – Pengertian, Unsur, Fungsi, Jenis, dan Contohnya

Seiring dengan dengan perkembangan zaman, seni juga mengalami banyak perubahan. Ketika berbicara tentang seni, maka tidak akan ada habisnya. Ini karena seni adalah wujud ekspresi seseorang dalam menumpahkan imajenasinya yang dapat berupa keindahan, cerita, atau curahan hati yang menghasilkan karya seni.

Karya seni dapat dinikmati ketika seseorang dapat mendalami makna yang terkandung di dalam karya seni tersebut. Apakah kamu termasuk seseorang yang tertarik dengan keindahan seni rupa? Jika iya, maka simak penjelasan lengkap yang akan dibahas pada artikel kali ini.

Pengertian Seni Rupa

Pengertian Seni Rupa
HypeStat.com

Pengertian seni rupa merupakan sebuah kesenian yang membentuk sebuah karya seni dengan menggunakan media yang dapat ditangkap secara kasat mata, serta dapat dirasakan ataupun disentuh dengan indera peraba.

Ada pula yang mengatakan bahwa pengertian seni rupa adalah cabang kesenian yang menghasilkan suatu karya yang dapat dinikmati oleh masyarakat secara umum karena memiliki bentuk dan wujud yang nyata dan dapat dilihat.

Unsur-Unsur Seni Rupa

Berdasarkan penjelasan diatas, pasti kamu sudah mengerti apa yang dimaksud dengan seni rupa. Perlu kamu ketahui, bahwa seni rupa memiliki beberapa unsur di dalamnya. Berikut ini adalah unsur-unsur seni rupa yang harus kamu tau.

1. Titik

Unsur Seni Rupa
clarenduta.blogspot.com

Titik ini merupakan unsur yang paling kecil dan merupakan sebuah dasar dari semua ide seni yang akan diciptakan.

2. Garis

Unsur Seni Rupa
Sangdes.com

Garis merupakan hasil dari penggabungan antara titik. Garis dalam seni rupa dapat menjadi batasan atau goresan dari suatu benda, bidang, warna, tekstur, ruang dan lain-lain. Garis dibagi menjadi tiga, yaitu menurut jenisnya, menurut wujudnya dan menurut kesannya.

Garis menurut jenisnya antara lain garis panjang, pendek, lengkung, diagonal, horizontal, vertikal dan lainnya. Garis menurut wujudnya ada dua, yakni semu dan nyata. Garis semu dihasilkan karena adanya perbedaan warna terhadap dua benda atau lebih. Sedangkan garis nyata dihasilkan oleh coretan. Garis menurut kesannya merupakan jenis garis yang digunakan sebagai suatu simbol.

3. Bidang

Unsur Seni Rupa
moondoggiesmusic.com

Bidang adalah sebuah pengembangan dari garis-garis yang digabungkan. Hasil gabungan ini akan membentuk beberapa sisi. Bidang adalah dimensi kedua yang memiliki panjang dan lebar. Contoh bidang adalah segitiga, persegi, trapesium dan lain-lain.

4. Bentuk

Unsur Seni Rupa
tentang-senirupa.blogspot.com

Bentuk merupakan gabungan dari berbagai bidang. Unsur ini akan membuat seni rupa menjadi lebih hidup. Ada beberapa jenis bentuk yakni bentuk non-geometris dan bentuk geometris. Contoh bentuk non-geometris seperti hewan, alam atau manusia. Sedangkan contoh bentuk geometris seperti kubus, tabung atau balok.

5. Ruang

Unsur Seni Rupa
medium.com

Ruang adalah unsur seni rupa yang memiliki dua sifat yaitu nyata dan semu. Dalam karya dua dimensi, ruang bersifat semu karena hanya berupa gambaran saja. Sedangkan dalam karya tiga dimensi ruang bersifat nyata karena dapat dirasakan dan dinikmati secara langsung.

6. Warna

Unsur Seni Rupa
thegolfclub.info

Warna menjadi salah satu unsur yang akan membuat karya seni menjadi lebih hidup dan eksesif. Dalam teori, warna dibagi menjadi beberapa bagian yaitu :

1. Warna Primer
Warna ini adalah warna dasar atau warna pokok yang tidak dapat diperoleh dari campuran warna lain. Contoh : merah, kuning, dan biru.

2. Warna Sekunder
Warna Sekunder adalah warna yang dapat diperoleh dengan mencampur dua warna dasar dalam takaran tertentu. Contoh : ungu, hijau dan orange.

3. Warna Tersier
Warna tersier merupakan warna yang dihasilkan dari pencampuran warna sekunder.

4. Warna Analogus
Warna analogus adalah deretan warna yang letaknya berdampingan atau bersebelahan dalam lingkaran warna. Contohnya adalah orange kemerah-merahan atau kuning kehijau-hijauan.

5. Warna Komplementer
Warna komplementer adalah warna kontras yang letaknya berseberangan dengan lingkaran warna. Contohnya merah dengan hijau, kuning dengan ungu, dan lain-lain.

7. Tekstur

Unsur Seni Rupa
mtvwonen.nl

Tekstur termasuk dalam salah satu unsur seni rupa. Tekstur dalam seni rupa merupakan sifat dan keadaan permukaan bidang pada suatu karya seni. Setiap benda tentunya memiliki tekstur yang berbeda-beda. Ada dua jenis tekstur yaitu nyata dan semu.

8. Gelap Terang

Unsur Seni Rupa
tr.eyeni.biz

Unsur gelap terang bergantung pada intensitas cahaya. Artinya semakin kecil intensitas cahaya maka akan semakin gelap, sebaliknya jika semakin besar intensitas cahaya maka akan semakin terang. Dalam karya dua dimensi, unsur gelap terang dibuat berdasarkan pemilihan warna dan gradasi.

Fungsi Seni Rupa

Seni rupa berdasarkan fungsinya dibagi menjadi dua, yaitu fungsi individu dan fungsi sosial. Berikut penjelasan tentang fungsi seni rupa :

1. Fungsi Individu
Fungsi seni rupa individu adalah seni rupa yang berfungsi sebagai pemuas kebutuhan individu atau diri sendiri. Artinya, seseorang menciptakan karya seni hanya untuk memuaskan dirinya sendiri. Contohnya seorang seniman yang mengekspresikan dirinya melalui karya seni yang mereka ciptakan.

2. Fungsi Sosial
Fungsi ini akan memberikan kepuasan kepada banyak orang. Misalnya sarana peribadatan atau media untuk mendekatkan diri kepada sang pencipta, sarana komunikasi di dalam suatu kelompok masyarakat, atau sebagai media untuk mengenang dan melestarikan budaya bangsa Indonesia.

Jenis Seni Rupa

Ada 3 Jenis seni rupa, yaitu berdasarkan wujudnya, berdasarkan fungsinya dan berdasarkan waktu/masanya.

Berdasarkan Wujudnya

Jenis seni rupa berdasarkan wujudnya terbagi menjadi 2, yaitu seni rupa 2 dimensi dan seni rupa 3 dimensi.

1. Seni Rupa 2 Dimensi

Seni Rupa 2 Dimensi
bjn.wikipedia.org

Seni rupa 2 dimensi adalah karya seni yang hanya dapat dilihat dari satu sudut pandang saja. Seni rupa ini hanya mempunyai dimensi panjang dan lebar. Contohnya lukisan, seni grafis, foto, poster, logo, batik, kaligrafi dan lain-lain.

2. Seni Rupa 3 Dimensi

Seni Rupa 3 Dimensi
ekajuliantari.blogspot.com

Selain seni rupa 2 dimensi, ada juga seni rupa 3 dimensi. Seni rupa 3 dimensi adalah karya seni yang berbentuk seperti bangun ruang dan memiliki volume. Dimensinya terdiri dari panjang, lebar, dan tinggi. Contohnya keramik, patung, gerabah dari tanah liat, boneka, dan lain-lain.

Berdasarkan Fungsinya

Jenis seni rupa berdasarkan fungsinya terbagi menjadi 2, yaitu seni rupa terapan dan seni rupa murni.

1. Seni Rupa Terapan

Seni Rupa Terapan
backend.keuangan.co

Seni rupa terapan dalam bahasa Inggris disebut applied art. Artinya karya seni yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, dimana karya seni tersebut mengandung nilai fungsi tertentu di samping nilai seni yang dimilikinya. Contoh seni rupa terapan misalnya kerajinan kulit, pakaian, peralatan rumah, alat transportasi, senjata tradisional, dan lain-lain.

2. Seni Rupa Murni

Seni Rupa Murni
Jacmelmozaik.com

Selain seni rupa terapan, ada juga seni rupa murni. Seni rupa murni merupakan satu hasil karya seni yang berfungsi untuk dinikmati oleh manusia dari sisi keindahan atau estetikanya. Contoh seni rupa murni misalnya kaligrafi, keramik, mozaik, fotografi, grafis dan lain-lain.

Berdasarkan Masanya

Jenis seni rupa berdasarkan masanya terbagi menjadi 3, yaitu seni rupa modern, tradisional, dan kontemporer.

1. Seni Rupa Tradisional
Merupakan seni rupa zaman dahulu yang sudah memiliki aturan dan pakem tersendiri, serta bersifat statis (tidak mengalami perubahan).

2. Seni Rupa Modern
yaitu seni rupa hasil pembaharuan dari seni rupa tradisional dimana aturan atau polanya sudah mengalami perubahan sesuai dengan kekreatifitasan pembuat seni rupa. Contoh seni rupa modern antara lain seperti lukisan, grafis, dan kriya.

3. Seni Rupa Kontemporer
yaitu karya seni atau seni rupa yang muncul karena trend atau kondisi waktu dan bersifat kekinian.

Itulah pembahasan tentang pengertian seni rupa, unsur-unsur seni rupa, fungsi seni rupa, serta jenis-jenis seni rupa. Semoga dapat menambah pengetahuan kita tentang seni rupa.

Baca Juga : Motif Ragam Hias

Tinggalkan komentar