Seni Rupa 2 Dimensi

Seni rupa adalah salah satu cabang seni yang membentuk sebuah karya seni yang dapat dilihat dan dirasakan dengan panca indra. Jika dilihat dari bentuknya, seni rupa terbagi menjadi 2 jenis, yaitu seni rupa 2 dimensi dan seni rupa 3 dimensi.

Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai seni rupa 2 dimensi, mulai dari pengertian, unsur, teknik yang digunakan, hingga contohnya. Yuk simak pembahasannya dibawah ini.

Pengertian Seni Rupa 2 Dimensi

Pengertian Seni Rupa 2 Dimensi

Seni rupa 2 dimensi adalah karya seni rupa yang hanya memiliki 2 ukuran saja, yaitu panjang dan lebar. Jenis seni rupa ini tidak memiliki ruang karena tidak mempunyai unsur ketebalan atau ketinggian. Berbeda dengan seni rupa 3 dimensi yang memiliki ketebalan atau ketinggian.

Contoh yang termasuk dalam seni rupa 2 dimensi adalah lukisan, gambar, batik dan poster.

>> Baca juga : Seni Rupa Murni

Fungsi Seni Rupa 2 Dimensi

Fungsi seni rupa 2 dimensi adalah untuk kepuasan batin dan cara mengekspresikan jiwa seniman dalam menciptakannya.

Seni rupa ini menjadi karya seni yang hanya dapat dinikmati satu arah saja. Contohnya seperti lukisan, yang hanya bisa dinikmati tanpa bisa dijadikan sesuatu yang dipakai.

Unsur Seni Rupa 2 Dimensi

Seni rupa dua dimensi bisa menjadi sebuah karya seni yang indah karena memiliki beberapa unsur dibawah ini :

1. Titik

Gambar Titik

Titik adalah unsur paling dasar dalam seni rupa dua dimensi. Semua bentuk yang dihasilkan berasal unsur ini. Contohnya adalah garis. Garis adalah kumpulan dari titik-titik yang tertata. Kumpulan titik-titik dengan warna yang berbeda akan memberikan rasa lain dalam seni rupa dua dimensi.

2. Garis

Garis

Garis adalah kumpulan dari titik-titik yang tertata. Dapat juga diartikan sebagai kumpulan titik yang terbentuk melalui tarikan dari satu titik ke titik lainnya. Ada banyak jenis garis, contohnya panjang, pendek, horizontal, vertikal, lurus, lengkung, tebal, tipis, dan lain sebagainya.

3. Bidang

Bidang

Bidang merupakan kumpulan dari beberapa garis yang dapat membentuk bangun datar. Istilah bidang digunakan untuk menunjukan wujud dari benda yang datar. Ada tiga macam bidang, yaitu bidang geometris, bidang bersudut, dan bidang tidak beraturan.

4. Bentuk

Bentuk

Istilah bentuk digunakan untuk menunjukan wujud benda yang terlihat memiliki volume, meskipun pada seni rupa dua dimensi volume tersebut hanya ilusi.

5. Ruang

Ruang

Ruang dalam seni rupa dua dimensi adalah kesan dimensi dari sebuah objek atau background yang terdapat pada karya seni tersebut. Ruang terbentuk dari perbedaan intensitas gelap-terang, warna, hingga teknik yang digunakan.

6. Tekstur

Tekstur adalah sifat permukaan bidang pada karya seni. Ada dua jenis tekstur, yaitu nyata dan semu. Tekstur nyata adalah kesan dari suatu benda sama ketika dilihat dan diraba. Sedangkan tekstur semu adalah tekstur dimana kesan dari suatu benda berbeda ketika dilihat dan diraba.

7. Warna

Usur Seni RUpa 2 Dimensi

Warna menjadi salah satu unsur seni rupa yang paling menarik perhatian. Warna dapat membuat sebuah karya seni menjadi lebih hidup dan lebih indah. Warna terbagi menjadi 5 jenis, yaitu :

  • Warna primer (warna dasar). Contohnya merah, biru dan kuning.
  • Warna sekunder (campuran dari dua warna dasar). Contohnya hijau, ungu dan orange.
  • Warna tersier (campuran dari warna sekunder).
  • Warna analogus. Contohnya hijau kekuning-kuningan, orange kemerah-merahan, ungu kemerah-merahan.
  • Warna komplementer (warna kontras campuran). Contohnya kuning dengan ungu.

8. Gelap Terang

Unsur Seni Rupa 2 Dimensi

Unsur yang terakhir adalah gelap terang. Dalam seni rupa dua dimensi, unsur gelap terang bertujuan untuk memperlihatkan perbedaan antara sisi terang dan gelap pada benda yang digambarkan. Sementara pada seni rupa 3 dimensi, unsur ini memperlihatkan suatu kesan ruang atau kedalaman suatu karya.

Prinsip Seni Rupa 2 Dimensi

Prinsip Seni Rupa 2 Dimensi

Karya seni rupa dua dimensi memiliki beberapa prinsip, yaitu sebagai berikut :

  • Kesatuan (unity). yaitu prinsip yang bertujuan agar semua unsur dalam seni rupa saling bersatu hingga membentuk komposisi yang indah.
  • Keselarasan, yaitu prinsip yang menghendaki adanya harmoni dari unsur seni rupa.
  • Gradasi, yaitu prinsip yang berkaitan dengan susunan warna berdasarkan tingkatan tertentu.
  • Penekanan, merupakan prinsip yang yang berkaitan dengan pengulangan secara teratur dari unsur seni rupa.
  • Kesebandingan (proporsi), yaitu prinsip yang berkaitan dengan keteraturan dan penyesuaian wujud karya seni.
  • Keseimbangan, merupakan prinsip yang berkaitan dengan kesan dari susunan unsur seni rupa.
  • Komposisi, yaitu prinsip yang berkaitan dengan pengaturan unsur seni rupa sehingga menjadi serasi dan menarik.

Teknik Seni Rupa 2 Dimensi

Dalam membuat seni rupa dua dimensi, ada beberapa teknik yang bisa digunakan, yaitu :

1. Teknik Plakat

Teknik Seni Rupa 2 Dimensi

Teknik plakat adalah teknik yang harus dikuasai oleh pelukis, karena teknik ini sering digunakan untuk melukis. Dalam penerapannya, teknik ini biasanya menggunakan alat bantu seperti cat minyak atau cat poster.

2. Teknik Transparan

Teknik Transparan

Teknik transparan adalah teknik yang cara melakukannya disapukan atau digoreskan. Sehingga akan menghasilkan tekstur yang tipis dan transparan. Teknik ini biasanya digunakan saat menggambar dengan cat air.

3. Teknik Kolase

Teknik Kolase

Teknik kolase adalah teknik yang cara melakukannya dengan memotong-motong kertas kemudian menempelkannya pada sebuah objek tertentu, sehingga membentuk sebuah gambar. Hasil karya seni yang menggunakan teknik ini biasa disebut mozaik.

4. Teknik 3M

Teknik 3 M

Teknik 3M adalah teknik melipat, menggunting, dan menempelkan. Teknik ini dapat memanipulasi sebuah kertas menjadi sebuah karya seni tiga dimensi.

Contoh Seni Rupa 2 Dimensi

Hasil karya seni rupa sekarang ini sangat mudah ditemukan hampir di setiap tempat. Berikut ini beberapa contoh seni rupa 2 dimensi yang memiliki nilai seni yang tinggi.

1. Lukisan

Contoh Seni Rupa 2 Dimensi

Lukisan adalah satu contoh seni rupa dua dimensi yang dibuat dengan media seperti kanvas atau dinding. Proses pembuatannya adalah dengan menggoreskan cat menggunakan kuas lukis atau sejenisnya pada media hingga membentuk sebuah gambar yang diinginkan. Gambar diatas adalah salah satu contoh dari lukisan.

2. Kaligrafi

Kaligrafi

Kaligrafi adalah karya seni yang dibuat dengan bahasa Arab. Karya seni ini biasanya ditemukan di masjid atau di rumah orang muslim. Salah satu kaligrafi yang paling terkenal adalah kaligrafi sufi.

3. Poster

Poster

Poster menjadi salah satu contoh seni rupa dua dimensi yang selanjutnya. Hal ini karena poster hanya memiliki panjang dan lebar saja, tidak memiliki ruang.

4. Seni Grafis

Contoh Seni Rupa 2 Dimensi

Seni grafis adalah cabang seni yang membutuhkan alat bantu. Contohnya adalah fotografi. Fotografi membutuhkan alat bantu berupa kamera. Dengan kamera ini akan menghasilkan sebuah foto yang sama persis seperti objeknya.

5. Batik

Batik adalah salah satu contoh seni rupa dua dimensi khas indonesia yang mendunia. Batik menjadi karya seni yang sudah diakui oleh UNESCO. Sebelum diakui UNESCO, batik termasuk karya seni kuno. Namun sekarang, batik menjadi karya seni modern yang memiliki daya tarik cukup tinggi.

Demikian ulasan ringkas mengenai seni rupa 2 dimensi. Semoga bermanfaat.

Baca juga : Seni Rupa Terapan

Baca juga artikel dari Pantainesia

Tinggalkan komentar