Seni Rupa Murni

Berbicara mengenai seni, seni adalah suatu hal yang memiliki nilai keindahan yang bisa membuat seseorang merasa bahagia. Jenis seni sendiri tidak hanya satu, melainkan ada beberapa macam, salah satunya adalah seni rupa.

Secara umum, seni rupa terbagi menjadi dua, yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan. Seni rupa murni merupakan karya seni yang mengutamakan keindahan. Sedangkan seni rupa terapan adalah karya seni yang lebih mengutamakan fungsi, namun tetap memiliki sisi keindahan.

Nah, pada artikel kali ini bahassemua.com akan memberikan ulasan seputar seni rupa murni. Bagi kamu yang ingin tahu lebih dalam tentang seni rupa murni, simak ulasan dibawah ini ya. 🙂

Pengertian Seni Rupa Murni

Pengertian Seni Rupa Murni

Seni rupa murni adalah sebuah karya seni yang dibuat untuk dinikmati keindahannya. Seni rupa ini lebih mengutamakan estetika atau keindahannya daripada kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh seni rupa murni yang sering kita jumpai adalah lukisan, patung dan kaligrafi.

Dalam membuat seni rupa murni, seseorang akan fokus pada nilai keindahannya saja, tanpa memperdulikan nilai-nilai lainnya. Karena memang, jenis seni rupa ini hanya untuk hiasan atau pajangan saja.

Meskipun begitu, karya seni ini akan menambah keindahan ketika dipajang atau dijadikan hiasan di dinding rumah atau kantor.

Fungsi Seni Rupa Murni

Fungsi Seni Rupa Murni

Dari penjelasan diatas dapat kita ketahui bahwa fungsi seni rupa murni adalah untuk dinikmati. Adapun fungsi lebih detail dari seni rupa ini, yaitu :

  • Menyalurkan Kreativitas

Manusia adalah makhluk yang memiliki kreatifitas tak terbatas. Salah satu cara untuk menyalurkan kreatifitas ini adalah melalui seni rupa yang menaungkan keindahan.

  • Memperindah Sebuah Media

Tak hanya untuk menyalurkan kreatifitas saja, fungsi lain dari seni rupa murni adalah dapat membuat media yang awalnya biasa menjadi luar biasa. Misalnya seperti kertas kosong yang diberikan gambar diatasnya. Hal ini akan membuat kertas kosong tersebut menjadi media yang luar biasa dengan keindahan gambar diatasnya.

  • Menyampaikan Sebuah Pesan Penting

Sebuah seni juga bisa menjadi alat untuk menyampaikan sebuah pesan penting. Pesan penting yang dimaksud adalah pesan yang disampaikan oleh seniman melalui sebuah lukisan atau yang lainnya. Pesan yang dibuat biasanya tersirat, namun ada juga yang bisa langsung terbaca.

Jenis Seni Rupa Murni

Berdasarkan bentuk dan wujudnya, seni rupa murni terbagi menjadi dua, yaitu seni rupa dua dimensi dan tiga dimensi.

1. Seni Rupa 2 Dimensi

Jenis Seni Rupa Murni

Seni rupa dua dimensi adalah karya seni yang unsur pembentuknya terdiri dari dua jenis, yaitu panjang dan lebar. Jenis seni rupa ini hanya dapat dilihat dari satu arah saja. Contoh seni rupa dua dimensi diantaranya seperti lukisan, poster, grafis, dan lain sebagainya.

2. Seni Rupa 3 Dimensi

Jenis Seni Rupa Murni

Jenis seni rupa tiga dimensi berbeda dengan seni rupa dua dimensi. Jika seni rupa dua dimensi terbentuk dari 2 unsur, seni tiga dimensi ini terbentuk dari 3 unsur, yaitu panjang, lebar dan tinggi. Jenis seni rupa ini dapat dilihat dari segala arah.

Dalam pembuatannya, seni rupa tiga dimensi lebih sulit dibandingkan dua dimensi. Contoh yang termasuk dalam seni rupa tiga dimensi adalah patung dan seni ukir.

Contoh Seni Rupa Murni

Berikut adalah 10 contoh seni rupa murni yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

1. Lukisan

Contoh Seni Rupa Murni

Lukisan menjadi salah satu contoh seni rupa murni yang dapat dengan mudah kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Biasanya sebuah lukisan dibuat diatas media kanvas, namun sekarang banyak juga lukisan yang dibuat di dinding oleh para seniman.

Salah satu contoh lukisan yang paling terkenal hingga saat ini adalah lukisan monalisa yang dibuat oleh Leonardo Da Vinci.

2. Patung

Contoh Seni Rupa Murni

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa patung adalah seni rupa murni yang berbentuk tiga dimensi. Patung dibuat hanya untuk dipajang saja. Hal inilah yang membuat patung termasuk jenis karya seni yang menampilkan keindahan saja.

Pada zaman dahulu, seorang seniman menggunakan batu dan kayu sebagai media untuk membuat patung. Namun sekarang patung banyak dibuat dengan menggunakan cor beton.

3. Relief

Gambar Relief

Relief adalah guratan-guratan berbentuk gambar atau simbol yang memiliki arti tertentu. Relief biasanya banyak ditemukan di sebuah candi. Bentuk dari relief sendiri bisa berupa dua dimensi maupun tiga dimensi.

4. Kaligrafi

Gambar Kaligrafi

Kaligrafi adalah sebuah tulisan arab yang indah dan memiliki bentuk yang unik. Seni rupa ini berasal dari daerah Arab. Contoh seni rupa murni yang satu ini dapat kita temui di masjid, rumah, atau sekolah.

5. Seni Fotografi

Seni Fotografi

Seni fotografi adalah salah satu karya seni yang menggunakan alat bantu khusus berupa kamera. Dalam seni ini terdapat aspek utama yang digunakan, yaitu pengaturan cahaya (ISO).

Di zaman modern ini, seni fotografi menjadi sebuah karya seni yang banyak diminati. Sehingga banyak diadakan lomba seni fotografi.

6. Seni Grafis

Seni Grafis

Pernahkah kamu melihat sebuah logo atau sablonan yang menempel pada sebuah baju? Pastinya pernah bukan. Ternyata itu termasuk contoh seni rupa murni lhoo.

Di zaman dahulu, seni ini dibuat dengan cara manual, yaitu dengan menggunakan tangan. Lain halnya dengan sekarang yang sudah menggunakan alat modern berupa mesin printing.

7. Topeng

Topeng

Sebenarnya topeng bisa digolongkan ke dalam jenis seni rupa murni dan terapan. Jika topeng hanya dipajang, maka topeng tersebut termasuk seni rupa murni. Sementara jika topeng digunakan untuk acara festival atau yang lainnya, maka termasuk seni rupa terapan.

8. Ukiran

Contoh Seni Rupa Murni

Contoh seni rupa murni lainnya adalah ukiran. Jenis karya seni ini memiliki nuansa klasik yang memukau. Di Indonesia sendiri banyak sekali jenis ukiran. Setiap daerahnya memiliki corak yang berbeda-beda.

Media yang digunakan dalam seni ini adalah kayu yang bertekstur lembut.

9. Mozaik

Gambar Mozaik

Mozaik adalah sebuah seni menempelkan pecahan-pecahan benda seperti keramik, kaca, kain atau yang lainnya menjadi satu. Dalam hal ini seorang seniman akan membuat karya bayu dari pecahan sesuatu hingga menjadi bentuk yang indah. Biasanya mozaik menjadi sebuah hiasan di dinding.

10. Seni Keramik

Kerajinan dari Keramik

Seni keramik biasanya terbuat dari tanah liat yang dibentuk dengan bentuk yang indah dan cantik. Bentuknya beraneka ragam, ada hewan, tumbuhan dan lain sebagainya sesuai keinginan seniman.

Kesimpulan

Dari penjelasan-penjelasan diatas, dapat kita simpulkan bahwa seni rupa murni adalah sebuah karya seni yang diciptakan tanpa mempertimbangkan fungsi atau kegunaannya, melainkan hanya untuk dinikmati keindahannya saja.

Baca juga : Pengertian, Unsur, Fungsi dan Jenis Seni Tari

Baca juga artikel dari Pantainesia

Tinggalkan komentar