Seni Rupa 3 Dimensi

Seni rupa 3 dimensi adalah karya seni yang memiliki tiga ukuran, yaitu panjang, lebar dan tinggi. Secara sederhana, seni 3 dimensi adalah karya seni yang mempunyai volume dan menempati sebuah ruang. Contohnya adalah patung, vas bunga dan topeng.

Untuk mengetahui lebih dalam tentang pengertian, fungsi, teknik dan contoh seni rupa 3 dimensi, simak ulasan lengkap dari bahassemua di bawah ini.

Pengertian Seni Rupa 3 Dimensi

Pengertian Seni Rupa 3 Dimensi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa seni rupa 3 dimensi adalah karya seni rupa yang terdiri dari 3 ukuran, yaitu panjang, lebar dan tinggi. Seni rupa ini berbentuk bangun ruang yang memiliki volume. Seseorang biasa menyebut karya seni ini dengan sebutan 3D.

Karya seni 3 dapat dilihat dari segala arah, berbeda dengan karya seni rupa 2 dimensi yang hanya dapat dilihat dari satu arah saja.

Fungsi Seni Rupa 3 Dimensi

Fungsi Seni Rupa 3 Dimensi

Fungsi seni rupa 3 dimensi ternyata ada banyak loh, diantaranya yaitu :

1. Sebagai Hiasan

Fungsi yang pertama adalah sebagai hiasan. Karya seni yang sudah jadi dapat digunakan sebagai hiasan untuk mempercantik sebuah ruangan atau tempat lainnya. Contoh seni rupa 3 dimensi yang berfungsi sebagai hiasan adalah vas bunga, guci penghias ruangan dan lain sebagainya.

2. Sebagai Sarana Belajar

Seni rupa 3 dimensi juga bisa digunakan dalam kegiatan belajar loh. Contohnya seperti relief yang ada di candi borobudur yang menjadi sarana belajar pada masa lalu ketika Indonesia berbentuk Kerajaan.

3. Sebagai Sarana Religi

Fungsi selanjutnya dari karya seni 3 dimensi adalah sebagai sarana religi. Dapat kita lihat banyak sekali masjid atau tempat ibadah lainnya yang memiliki banyak motif.

Contohnya masjid saka tunggal yang digunakan oleh umat muslim untuk beribadah atau candi mendut dan candi borobudur yang digunakan untuk beribadah oleh umat budha pada acara waisya.

4. Sebagai Sarana Rekreasi

Fungsi ini hampir sama seperti fungsi sarana belajar. Karena ketika kita berkunjung ke sebuah tempat yang memiliki unsur seni seperti candi, kita juga dapat belajar mengenai sejarah yang ada di tempat tersebut.

5. Sebagai Sarana Peringatan

Arti peringatan disini adalah sebagai tanda pengingat. Contohnya adalah monumen kesaktian pancasila yang berfungsi sebagai peringatan akan terjadinya gerakan 30 september 1965 oleh PKI.

Jenis Seni Rupa 3 Dimensi

Jenis Seni Rupa 3 Dimensi

Berdasarkan fungsi dan tujuannya, seni rupa tiga dimensi terbagi menjadi dua jenis, yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan.

  • Seni rupa murni, adalah seni rupa yang lebih mengutamakan keindahan dari pada fungsi. Contohnya seperti vas bunga.
  • Seni rupa terapan, adalah seni rupa yang lebih mengutamakan fungsi, namun tetap memiliki nilai keindahan. Contohnya seperti arsitektur.

Unsur Seni Rupa 3 Dimensi

Unsur Seni Rupa 3 Dimensi

Dalam karya seni tiga dimensi, terdapat beberapa unsur yang membuat karya seni ini menjadi lebih indah. Berikut ini unsur-unsur seni rupa tiga dimensi :

1. Titik

Unsur yang pertama adalah titik. Titik merupakan unsur terkecil yang digunakan dalam menggambar, baik menggambar seni rupa ataupun yang lainnya. Dari unsur ini kita dapat menghasilkan unsur lainnya seperti garis, simbol, bidang, rangka, dan ruang.

2. Garis

Berdasarkan jenisnya, garis dapat dibedakan menjadi garis horizontal, vertikal, diagonal, lurus, lengkung, panjang, pendek, berombak, putus-putus dan lain-lain.

Kesan yang ditimbulkan dari berbagai macam garis ini bisa berbeda beda. Misalnya garis lengkung memberikan kesan lembut dan lentur, garis lurus berkesan tegak dan keras, garis patah-patah berkesan kaku.

3. Bidang

Bidang adalah pengembangan dari garis yang membatasi suatu bentuk. Bidang mempunyai sisi panjang dan lebar. Selain itu, bidang juga memiliki ukuran.

4. Bentuk

Bentuk adalah unsur yang menjelaskan identitas dari bangun ruang, misalnya bentuk kubus, balok, tabung, bola dan lain sebagainya. Bentuk sendiri memiliki sifat polos dan hanya diartikan sebagai wujud dari kesatuan garis yang tersusun.

5. Tekstur

Tekstur adalah karakteristik dari permukaan benda yang bisa dirasakan dan dilihat oleh panca indera. Tekstur memiliki beberapa sifat, diantaranya seperti halus, kasar, licin dan lain sebagainya.

Ada 2 jenis tekstur, yaitu nyata dan semu. Tekstur nyata adalah tekstur yang sesuai dengan apa yang ditangkap oleh indera mata dan peraba. Sedangkan tekstur semu tidak sesuai.

Teknik Seni Rupa 3 Dimensi

Teknik Seni Rupa 3 Dimensi

Dalam membuat seni rupa 3 dimensi, ada beberapa teknik yang bisa kamu gunakan. Masing-masing teknik ini memiliki konsep tersendiri dan menghasilkan karya yang berbeda-beda. Berikut teknik seni rupa tiga dimensi yang bisa kamu gunakan.

1. Teknik Aplikasi

Teknik yang pertama adalah teknik aplikasi. Teknik aplikasi merupakan teknik yang digunakan dalam seni menjahit untuk menempelkan beberapa macam potongan kain yang telah digunting dalam sebuah kain. Potongan kain ini biasanya berbentuk bunga, bulan, bintang dan lain-lain. Tujuan dari teknik ini adalah untuk memperindah pakaian.

2. Teknik Mozaik

Teknik mozaik adalah cara membuat karya seni dengan menempelkan benda 3 dimensi secara tertata ke sebuah media. Dengan menggunakan teknik ini, media seni menjadi lebih indah karena memiliki corak yang beragam.

3. Teknik Merakit

Teknik selanjutnya adalah teknik merakit. Teknik merakit adalah teknik menggabungkan beberapa potongan bahan tertentu agar menjadi suatu karya seni yang utuh. Cara menggabungkan inilah yang dinamakan merakit dan hasil karyanya disebut rakitan.

Untuk menggabungkan bahan-bahan tersebut bisa menggunakan las, sekrup, patri, atau beberapa cara lainnya.

4. Teknik Pahat

Teknik pahat adalah cara membentuk karya seni dengan membuang bahan-bahan yang tidak diperlukan. Alat yang biasa digunakan pada teknik ini adalah alat pahat, kikir dan martil. Biasanya teknik pahat digunakan pada media keras seperti batu, kayu dan bahan lainnya.

5. Teknik Cor

Teknik cor disebut juga teknik menuang. Caranya adalah dengan menuangkan bahan cair ke dalam tempat cetakan khusus. Bahan cair yang sering digunakan adalah semen, logam, karen dan lain-lain. Teknik ini cocok digunakan untuk membuat sebuah bangunan yang besar.

Nilai Estetis Seni Rupa 3 Dimensi

Nilai Estetis Seni Rupa 3 Dimensi

Nilai estetis pada seni rupa 3 dimensi bisa bersifat objektif atau subjektif. Berikut penjelasan singkatnya.

Nilai Estetis Objektif

Nilai estetis objektif adalah keindahan pada wujud karya seni yang tampak secara kasat mata. Nilai ini tersusun dari komposisi yang baik, perpaduan warna yang sesuai, penempatan objek yang membentuk kesatuan dan keselarasan dalam menata unsur-unsur visual.

Nilai Estetis Subjektif

Nilai estetis subjektif adalah keindahan yang ditentukan oleh selera penikmatnya. Contohnya ketika melihat sebuah patung, mungkin kamu menganggap patung tersebut biasa saja, namun bagi orang lain bisa jadi luar biasa.

Contoh Seni Rupa 3 Dimensi

Seni rupa tiga dimensi adalah seni rupa yang tidak hanya memiliki sisi panjang dan lebar, namun juga memiliki ruang atau volume. Berikut beberapa contoh seni rupa 3 dimensi :

1. Patung

Contoh Seni Rupa 3 Dimensi

Patung adalah salah satu contoh seni rupa tiga dimensi yang paling terkenal. Seni patung sendiri telah banyak mengalami perkembangan mulai dari bahan untuk membuatnya, cara membuatnya dan teksturnya. Biasanya seniman membuat patung dengan bentuk manusia, hewan dan lain sebagainya.

2. Keramik

Contoh Seni Rupa 3 Dimensi

Seni keramik adalah karya seni yang bisa bersifat tradisional atau modern. Seni keramik sendiri dibuat dengan bahan dasar tanah liat. Untuk membuat karya seni ini dibutuhkan beberapa tahapan, seperti memijit, butsir, pilin, dan pembakaran.

3. Arsitektur

Gambar Masjid

Arsitektur adalah seni rupa berbentuk tiga dimensi yang bisa kita temui dimana saja. Seni rupa ini lebih menekankan pada kesatuan, keserasian, keseimbangan dan irama sebagai seni rupa yang utuh yang mencangkup beberapa aspek.

Oleh karena itu, dalam arsitektur tidak hanya memperhatikan wujud bangunannya saja, namun juga kekokohan, berat, dan volume tampung bangunan tersebut.

4. Seni Kriya

Seni Kriya

Seni kriya adalah karya seni yang mengandalkan keterampilan tangan. Jenis seni rupa ini sering dimanfaatkan untuk dekorasi ruangan. Ada beberapa jenis seni kriya, yaitu seni kriya batu, kulit, keramik, tekstil, batu.

5. Mebel

Mebel

Mebel adalah perlengkapan rumah yang mencangkup semua benda seperti meja, kursi, dan lemari. Mebel menjadi contoh seni rupa tiga dimensi yang memiliki banyak kegunaan, misalnya untuk tempat duduk atau meja makan.

Demikian ulasan ringkas mengenai seni rupa 3 dimensi. Semoga artikel ini bermanfaat ya 🙂

Baca juga artikel dari Pantainesia

Tinggalkan komentar