Seni Rupa Terapan

Sebelumnya kami telah memberikan ulasan mengenai seni rupa murni. Nah, pada artikel kali ini kami akan memberikan ulasan lengkap mengenai seni rupa terapan. Apa sih yang dimaksud dengan seni rupa terapan? Seperti apa contohnya? Berikut penjelasan lengkapnya.

Pengertian Seni Rupa Terapan

Pengertian Seni Rupa Terapan

Menurut Wikipedia, seni rupa terapan adalah sebuah karya seni rupa yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari dimana mengandung nilai fungsi tertentu disamping nilai seni yang dimilikinya.

Secara sederhana, seni rupa terapan adalah seni rupa yang tidak hanya menitikberatkan pada keindahanya saja, namun juga pada fungsi dan manfaatnya.

Fungsi Seni Rupa Terapan

Fungsi Seni Rupa Terapan

Seni rupa terapan memiliki dua fungsi, yaitu fungsi individual dan sosial.

Fungsi Individual

Fungsi individual artinya dapat memenuhi kebutuhan manusia sebagai insan fisik dan psikis.

  • Fungsi Fisik. Dapat memenuhi kebutuhan langsung terhadap wujud bendanya. Contohnya seperti pakaian, tas, sepatu.
  • Fungsi Psikis. Dapat memenuhi kebutuhan manusia akan kebutuhan batinnya. Contohnya seperti benda yang memiliki nilai nostalgia akan daerah tertentu, atau oleh-oleh khas kota kelahirannya.

Fungsi Sosial

Fungsi sosial artinya dapat dinikmati dan bermanfaat bagi banyak orang dalam komunitas tertentu, misalnya seperti :

  • Rekreasi/hiburan. Berfungsi untuk menghilangkan kejenuhan karena masalah pribadi atau beban pekerjaan. Contohnya film, photo booth, komik.
  • Pendidikan. Sebagai sarana penunjang pendidikan. Contohnya, ilustrasi dalam buku pelajaran, poster tata cara prosedur suatu sistem dan lain sebagainya.
  • Sarana komunikas. Sebagai media yang dapat memberikan informasi atau menampung keluhan orang banyak. Contohnya seperti poster, iklan, spanduk, website.
  • Keagamaan. Dapat menjadi media keagamaan. Contohnya pakaian religi modern, perabotan rumah tangga bernuansa religi, atau kebutuhan ibadah itu sendiri.

Jenis Seni Rupa Terapan

Ada banyak sekali jenis seni rupa terapan yang bisa kita temukan disekitar kita, karena memang fungsi dari seni rupa ini adalah untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini adalah jenis seni rupa terapan yang ada di sekitar kita.

1. Seni Arsitektur

Jenis Seni Rupa Terapan

Seni arsitektur adalah jenis seni rupa terapan yang berbentuk bangunan. Contohnya seperti tempat ibadah, rumah, kantor dan bangunan lainnya.

2. Seni Dekorasi

Seni Dekorasi

Dekorasi adalah seni yang berfungsi untuk menghias sebuah ruangan agar menjadi lebih indah. Jenis seni dekorasi ini dapat kamu temukan pada acara pernikahan atau pertunjukan. Bisa juga kamu temukan ketika sedang mendekorasi kamar atau ruangan.

3. Seni Kriya

Seni Kriya

Seni kriya atau seni keterampilan tangan adalah seni mengolah bahan baku menjadi benda bernilai pakai. Seni ini dapat dengan mudah kita temukan di lingkungan sekitar kita.

4. Seni Grafis

Seni Grafis

Seni grafis adalah sebuah seni yang proses pembuatannya menggunakan teknik cetak. Media yang digunakan biasanya menggunakan kertas. Contoh penerapannya adalah pada pembuatan banner, penyablonan baju atau celana, dan media cetak lainnya.

5. Seni Ilustrasi

Seni Ilustrasi

Jenis seni rupa terapan yang terakhir adalah seni ilustrasi. Jenis seni ini berupa suatu gambar atau foto. Seni ilustrasi berfungsi untuk menjelaskan sebuah peristiwa atau naskah. Dengan adanya ilustrasi, seseorang akan lebih mudah memahaminya.

Contoh Seni Rupa Terapan

Setelah mengetahui jenis seni ini, pastinya kamu sudah tahu kan contoh dari seni rupa terapan. Nah, berikut beberapa contoh seni rupa terapan yang mungkin bisa membuat kamu lebih paham tentang seni ini.

1. Peralatan Rumah Tangga

Contoh Seni Rupa Terapan

Peralatan rumah tangga menjadi salah satu contoh seni rupa terapan yang sering kita gunakan. Contohnya adalah meja, kursi, dan lemari. Peralatan rumah tangga tersebut memiliki fungsi dan juga keindahan seni yang membuatnya menjadi lebih cantik.

2. Pakaian

Pakaian

Pakaian yang sekarang kamu gunakan juga termasuk contoh seni rupa terapan lhoo. Zaman sekarang ada banyak sekali model pakaian, mulai dari bentuk hingga gambar yang menghiasinya. Semua yang dibuat untuk mempercantik pakaian tersebut bisa dinamakan karya seni rupa terapan.

3. Barang Elektronik

Contoh Seni Rupa Terapan

Barang elektronik seperti komputer atau hp yang sedang kamu gunakan saat ini untuk membaca juga menjadi salah satu contoh seni rupa terapan. Zaman modern seperti sekarang barang elektronik dirancang dengan berbagai macam desain yang keren untuk menarik perhatian konsumen. Desain yang keren inilah yang menjadi bagian dari seni.

4. Poster

Contoh lainnya adalah poster. Poster hampir mirip seperti lukisan atau gambar dua dimensi, namun poster bukan seni rupa murni. Karena poster memiliki tujuan mengajak atau menghimbau masyarakat luas. Tujuan inilah yang membuat poster menjadi seni rupa terapan.

5. Alat Transportasi

Contoh Seni Rupa Terapan

Ada banyak sekali alat transportasi di dunia ini, baik alat transportasi modern maupun tradisional. Alat transportasi bukan hanya sebagai pengangkut penumpang saja, namun juga sebagai karya seni. Contohnya seperti mobil mewah yang dirancang dengan nilai estetika tinggi.

6. Arsitektur Bangunan

Contoh Seni Rupa Terapan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa arsitektur menjadi salah satu contoh seni ini. Bangunan yang saat ini kamu lihat atau tempati memiliki nilai seni pada desainnya.

7. Senjata Tradisional

Contoh Seni Rupa Terapan

Kenal dengan bambu runcing? kujang? atau keris? Nah, semua alat tradisional ini menjadi salah satu contoh seni terapan. Senjata tradisional tersebut memiliki nilai seni yang tinggi jika dilihat dari bentuknya. Saat ini, senjata tradisional masih digunakan di beberapa daerah di Indonesia.

8. Kerajinan Kulit

Contoh Seni Rupa Terapan

Contoh yang terakhir adalah kerajinan kulit. Kerajinan ini dapat kamu temukan dalam bentuk seperti tas, jaket, sepatu, dompet atau yang lainnya.

Perbedaan Seni Rupa Terapan dan Murni

Sebelum mengakhiri artikel ini, berikut kami berikan beberapa perbedaan antara seni rupa terapan dan seni rupa murni.

  1. Seni rupa terapan lebih mengutamakan fungsi, sedangkan seni murni lebih mengutamakan keindahan.
  2. Seni terapan selain untuk keindahan juga bermanfaat untuk kebutuhan manusia. Sedangkan seni murni hanya untuk dinikmati keindahannya saja.

Nah itulah sedikit ulasan mengenai seni rupa terapan. Semoga artikel ini bermanfaat. 🙂

Baca juga artikel dari Pantainesia

Tinggalkan komentar