10+ Contoh Paragraf Narasi Singkat Beserta Penjelasannya

Sebelum masuk ke contoh paragraf narasi, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu paragraf narasi. Mungkin teman-teman disini masih ada yang belum mengerti tentang paragraf narasi. Tenang, pada artikel kali ini kami akan memberikan ulasan lengkap mengenai paragraf narasi mulai dari pengertian, jenis dan ciri-cirinya. Langsung saja kita mulai dari pengertian paragraf narasi.

Pengertian Paragraf Narasi

Paragraf narasi adalah sebuah paragraf yang menceritakan tentang terjadinya suatu peristiwa yang berlangsung berdasarkan kronologi atau urutan waktu. Kejadian yang disampaikan di dalamnya dapat berupa cerita non fiksi (nyata) ataupun berupa fiksi (khayalan).

Tujuan dari paragraf narasi adalah untuk memberikan pengetahuan atau menyampaikan informasi, serta berbagi pengalaman.

Baca juga : Paragraf Deduktif, Induktif, dan Campuran

Ciri-Ciri Paragraf Narasi

Paragraf naratif mempunyai beberapa ciri-ciri sebagai berikut :

• Adanya unsur-unsur utama, seperti tokoh, alur/plot, konflik, latar.
  • Adanya unsur rangkaian waktu dan informasi.
  • Menggunakan sudut pandang penulis.
  • Menonjolkan unsur perbuatan dan tindakan.
  • Adanya latar suasana, tempat dan waktu.
  • Adanya tokoh dan perwatakan yang jelas.
  • Menggunakan urutan waktu dan tempat yang saling berhubungan.
  • Berisi tentang peristiwa atau pengalaman penulis.

Jenis Paragraf Narasi

Ada dua jenis paragraf narasi, yaitu narasi ekspositoris dan narasi sugestif. Berikut penjelasan kedua jenis paragraf narasi tersebut.

1. Paragraf Narasi Ekspositoris

Paragraf naratif ekspositoris adalah sebuah paragraf yang menceritakan rangkaian perbuatan yang disampaikan secara informatif, sehingga pembaca atau pendengar mengetahui dengan jelas bagaimana cerita tersebut berlangsung.

Tujuan dari paragraf ini adalah untuk memperluas pengetahuan pembaca atau pendengar tentang peristiwa yang sedang terjadi.

Ciri-Ciri Paragraf Ekspositoris :

• Menggunakan data dan informasi yang benar, yang kemudian dijabarkan menjadi lebih rinci.
  • Memiliki tujuan menjelaskan persoalan pokok atau memberikan informasi kepada pembaca.
  • Tidak mempengaruhi pembaca. Hanya memberikan informasi saja.

Contoh Paragraf Naratif Ekspositoris

Beternak ayam kampung tidak sesulit yang dibayangkan. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat kandang ayam sesuai dengan kebutuhan. Kandang ayam yang akan digunakan sebaiknya diberi lampu guna menghangatkan suhu tubuh ayam. Setelah itu belilah ayam jantan 2 ekor dan ayam betina 7 ekor. Pastikan ayam diberi makan secara teratur agar terhindar dari penyakit serta bersihkanlah kandang secara rutin.

Simak juga : Contoh Sinonim Lengkap dai A – Z

2. Paragraf Narasi Sugestif

Paragraf narasi sugestif adalah sebuah paragraf yang menggambarkan rangkaian suatu peristiwa yang tersusun sedemikian rupa guna merangsang khayalan pembaca atau pendengar.

Tujuan dari paragraf ini adalah untuk memberikan makna atas kejadian sebagai suatu pengalaman. Paragraf jenis ini sering digunakan untuk menjelaskan sebuah proses suatu peristiwa.

Contoh Paragraf Narasi Sugestif

Pagi ini seperti biasa Dede berangkat kerja. Dede bekerja di sebuah perusahaan swasta sebagai cleaning service. Maklum, Dede hanya tamatan sekolah menengah atas (SMA). Demi membantu Ibunya membiayai sekolah adiknya karena Ayah Dede sudah meninggal. Dede ingin sekali melanjutkan sekolah ke Perguruan Tinggi. Walaupun banyak yang menghina pekerjaannya, Dede selalu bersemangat dan selalu berdoa kepada Tuhan agar mewujudkan impiannya sebagai sarjana.

Contoh Paragraf Narasi Singkat

Berikut ini beberapa contoh paragraf narasi lainnya yang bisa kamu jadikan referensi untuk mengerjakan tugas.

Contoh Paragraf Narasi 1

Pergilah Arif ke pasar menggunakan sepeda warisan kakeknya, sesampainya di pasar Arif membeli kebutuhan hidupnya bersama sang Ayah yang telah sakit-sakitan. Setelah barang terbeli semuanya, Arif kembali mengayuh sepeda warisan kakeknya menuju rumah yang hanya berupa gubuk di bawah jembatan.

Contoh di atas menjelaskan tentang si Arif yang pergi ke pasar untuk membeli kebutuhan lalu pulang. Ketiga peristiwa tersebut berurutan sehingga terbentuk kronologi.

Contoh Paragraf Narasi 2

Contoh Paragraf Narasi Pendek

Di pagi hari yang cerah, Zahra pergi kehutan bersama kakeknya untuk mencari kayu bakar. Tak terasa mereka telah tiba di hutan yang lebat. Zahra mendengar suara-suara yang nyaring. Namun ia ketakutan karena itu adalah pengalaman pertamanya mencari kayu bakar di hutan.

Contoh di atas mengisahkan Zahra yang pergi ke hutan untuk mencari kayu bakar bersama kakeknya, tapi Zahra ketakutan karena baru pertama kalinya pergi ke hutan.

Simak juga : Contoh Teks Eksplanasi

Contoh Paragraf Narasi 3

Contoh Paragraf Narasi

Sabtu kemarin menjadi hari yang tak terlupakan bagi Bella, karena ia mendapatkan kejutan dari teman-teman bermainnya. Sebelumnya ia sudah curiga dengan tingkah laku teman-temannya. Benar saja, teman-teman Bella memberikan kejutan berupa kue ulang tahun dan taburan tepung di badannya.

Contoh di atas menceritakan Bella yang mendapatkan kejutan dari teman-temannya. Namun sebelumnya Bella sudah menduga karena sikap teman-temannya akhir-akhir ini berubah. Ternyata benar dugaan Bella.

Contoh Paragraf Narasi 4

Di sebuah kota B, hiduplah seorang pemuda yang hebat. Pada suatu hari ia menolong orang yang akan dibunuh oleh penjahat. Awalnya ia kewalahan menghadapi penjahat tersebut, namun akhirnya ia menang. Karena hal itu ia ingin menjadi pahlawan. Kemudian ia berlatih keras dengan sit up 100x, push up 100x, squat jump 100x dan lari 3 KM setiap harinya. Pada akhirnya ia menjadi pemuda yang perkasa.

Cerita di atas mengisahkan seorang pemuda yang ingin menjadi pahlawan setelah telah menolong orang yang akan dibunuh. Lalu Ia berlatih keras untuk menjadi pahlawan.

Contoh Paragraf Narasi 5

Contoh Paragraf Narasi

Pada suatu pagi yang cerah, aku melihat kupu-kupu terbang menari-nari di taman depan rumahku. Warna sayapnya begitu indah. Lalu kupu-kupu itu terbang entah kemana dan aku mulai mengikutinya.

Dengan sedikit berlari aku mengikutinya agar tidak tertinggal. Tak lama, sampailah pada suatu padang rumput yang luas. Aku baru tahu, ternyata disanalah tempat tinggalnya. Banyak sekali kupu-kupu yang indah berterbangan di sini. Aku seperti melihat secuil surga di tempat ini. Tak terasa pagi sudah menjadi senja. Aku harus kembali ke rumah sebelum matahari tenggelam.

Contoh Paragraf Narasi 6

Contoh Paragraf Narasi

Pagi itu Tejo pergi ke hutan untuk memburu ayam hutan. Tejo harus melewati beberapa rintangan yang cukup sulit untuk menuju hutan. Hal pertama yang harus dilewati Tejo adalah hamparan sawah yang cukup luas. Kemudian semak belukar yang rimbun juga harus ia lewati.

Tak hanya itu, Tejo harus menyebrang melewati sungai yang tidak terlalu dalam namun deras arusnya. Setelah melewati sungai, sampailah Tejo di hutan dan langsung berburu ayam hutan.

>> Simak juga : Contoh Teks Negosiasi

Contoh Paragraf Narasi 7

Bagiku, hari minggu adalah hari yang amat melelahkan. Bila pada pagi hari kebanyakan remaja memanfaatkan waktunya untuk bersantai atau untuk jalan-jalan dengan temannya, namun lain halnya denganku.

Aku harus bangun pagi untuk membantu ibuku memasak. Sesudah itu aku harus menjaga adik-adikku hingga mereka lelah tertidur.

Contoh Paragraf Narasi 8

Contoh Paragraf Narasi

Hari ini adalah hari minggu. Aku sangat bersemangat karena aku dan keluarga akan pergi ke pantai Menganti. Aku langsung menyiapkan semua peralatanku. Setelah semuanya sudah siap, kami pun berangkat menggunakan mobil. Aku bernyanyi di dalam mobil dengan adikku. Setelah dua jam, akhirnya kami tiba di pantai Menganti.

Aku sangat senang, aku langsung menuju ke pantai dan bermain dengan adikku. Setelah itu aku berfoto bersama keluarga. Tak terasa matahari sudah mulai panas dan kami pun pergi ke kamar mandi untuk berganti pakaian. Setelah berganti pakaian kami langsung menuju ke restoran pinggir pantai untuk makan siang dengan ikan bakar.

Contoh Paragraf Narasi 9

Contoh Paragraf Narasi

Ir. Soekarno mendirikan Partai Nasional Indonesia (PNI) pada tanggal 4 Juli 1927 dengan tujuan agar Indonesia segera merdeka. Namun ternyata pada tanggal 29 Desember 1929 sampai 31 Desember 1931, Belanda memasukan beliau ke dalam penjara.

Setelah dibebaskan, beliau bergabung dengan Partindo, namun ditangkap kembali dan dibuang ke Ende, Flores pada tahun 1933. Kemudian beliau dipindahkan ke Bengkulu. Setelah melewati perjuangan yang begitu panjang, akhirnya beliau dan Bung Hatta memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

Contoh Paragraf Narasi 10

Contoh Paragraf Narasi

Pada tanggal 18 Juni aku berangkat bertamasya ke pulau Bali bersama sekolah. Aku harus bangun pagi karena jam 6 harus tiba di sekolah. Jam 5.45 aku tiba di sekolah. Tampak di depan sekolah bus-bus berjejeran. Aku langsung masuk ke bus. Kami tiba di pulau Bali pukul 1 siang setelah menaiki kapal feri. Lalu kami check in di hotel untuk beristirahat sejenak.

Setelah itu kami keluar dari hotel untuk berkeliling di sana. Keesokan harinya, kami pergi ke Tampaksiring untuk melihat pura. Kami juga menuju ke Goa Gajah. Kemudian dilanjutkan ke pusat oleh-oleh dan langsung pulang ke daerah kami.

Contoh Paragraf Narasi 11

Pada suatu hari aku melihat seekor lalat terbang dari atas tong sampah menuju sebuah kontrakan. Saat itu, penghuni kontrakan keluar dan tidak menutup rapat pintunya. Kemudian lalat tersebut bergegas masuk ke dalam kontrakan dan langsung menuju dapur untuk mencari makanan.

Demikian pembahasan mengenai pengertian, ciri-ciri, jenis dan contoh paragraf narasi. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Contoh Teks Deskripsi

Satu pemikiran pada “10+ Contoh Paragraf Narasi Singkat Beserta Penjelasannya”