Perangkat Keras Komputer (Hardware)

Apa itu perangkat keras komputer? Perangkat ini memiliki peran yang tak kalah penting dari perangkat lunak komputer (software) terhadap kinerja suatu sistem komputer. Tanpa adanya perangkat keras ini, komputer tidak bisa dioperasikan secara maksimal, atau bahkan tidak bisa digunakan sama sekali.

Berbicara mengenai perangkat keras komputer, ada banyak sekali jenisnya. Untuk mengetahui lebih lanjut, mari simak ulasan di bawah ini.

Pengertian Perangkat Keras Komputer

Perangkat keras komputer adalah komponen komputer bersifat fisik yang digunakan oleh sistem untuk menjalankan suatu perintah yang telah diprogramkan sebelumnya. Singkatnya yaitu komponen komputer yang dapat dilihat dan disentuh secara langsung. Perangkat keras komputer biasa disebut hardware.

Jenis Perangkat Keras Komputer

Sistem komputer terdiri dari 5 jenis perangkat keras, yaitu :

  1. Perangkat Keras Input.
  2. Perangkat Keras Output.
  3. Perangkat Keras Proses.
  4. Perangkat Keras Penyimpanan.
  5. Perangkat Keras Kelistrikan.

Kelima jenis perangkat keras diatas diatur sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah sistem yang dapat melakukan input, proses, dan output data. Berikut penjelasan dari kelima jenis perangkat keras diatas.

1. Perangkat Keras Input

Perangkat keras input adalah perangkat yang berfungsi untuk memasukan data ke dalam memori sistem komputer. Berikut beberapa contoh perangkat keras input pada komputer.

  • Keyboard
Perangkat Keras Komputer

Keyboard adalah perangkat masukan yang berfungsi untuk memasukan data berupa angka, huruf, atau simbol. Selain itu, terdapat juga beberapa tombol dengan perintah tertentu. Jenis keyboard yang paling banyak digunakan adalah keyboard QWERTY.

  • Mouse
Perangkat Keras Komputer

Mouse adalah perangkat yang digunakan untuk melakukan input data berupa gerakan kursor, klik, dan scroll. Awalnya mouse menggunakan bola untuk menggerakan kursor, namun sekarang mouse menggunakan sensor cahaya untuk mendeteksi pergerakan.

  • Scanner
Scanner

Scanner adalah perangkat keras yang berfungsi untuk merubah dokumen cetak (hardcopy) menjadi file digital (softcopy). Cara kerja scanner mirip seperti mesin fotokopi.

  • Optical Drive
Perangkat Keras Komputer

Optical Drive atau Disk Drive adalah sebuah piringan optik yang berfungsi untuk menulis dan membaca data dari kepingan CD/DVD. Ada beberapa jenis Optical Drive, diantaranya yaitu CD-ROM, CD-RW, DVD ROM, DVD RW, dan DVD COmbo.

2. Perangkat Keras Proses

Perangkat keras proses adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk melakukan pengolahan data terhadap data yang dimasukan. Perangkat keras proses utama dari sebuah komputer adalah CPU, motherboard, VGA, dan sound card.

  • CPU (Central Processing Unit)
Perangkat Keras Komputer

CPU atau prosesor adalah pusat pengendali dan pemrosesan pada komputer yang mengatur semua aktivitas dan semua instruksi program yang dilakukan di dalam komputer. CPU ini sering disebut sebagai otak komputer.

Prosesor memiliki fungsi untuk memproses data yang masuk sehingga dapat menghasilkan output. Ada beberapa bagian penting dari prosesor, yaitu ALU (Aritcmatics Logical Unit), memory unit, dan control unit.

  • Motherboard
Perangkat Keras Komputer

Motherboard atau mainboard adalah papan sirkuit yang berfungsi sebagai tempat untuk menampung berbagai macam komponen penting komputer seperti CPU, Hard Disk, slot RAM, USB Port, dan VGA Port.

Perangkat keras komputer ini memiliki bentuk seperti sirkuit elektronik yang menjadi tempat lalu lintas data. Dengan adanya perangkat ini, semua komponen yang ada di dalam komputer dapat saling terhubung dan bekerja dengan lancar.

  • VGA Card
VGA Card

VGA (Video Graphic Array) adalah perangkat keras yang memiliki fungsi untuk merubah sinyal digital menjadi sinyal gambar. VGA memiliki prosesor sendiri yang disebut GPU (Graphical Processing Unit).

  • Sound Card
Sound Card

Sound Card merupakan sebuah perangkat yang berkaitan dengan kebutuhan audio di dalam komputer. Sound Card berfungsi untuk menghasilkan suara dari dalam komputer sehingga dapat didengar melalui speaker atau headphone.

3. Perangkat Keras Output

Perangkat keras output merupakan perangkat yang berfungsi untuk menampilkan hasil dari sebuah data yang telah diproses. Berikut beberapa contoh perangkat keras output :

  • Monitor
Perangkat Keras Komputer

Monitor adalah perangkat keras yang berfungsi menampilkan hasil pengolahan data dalam bentuk grafis. Jenis monitor yang sering digunakan adalah monitor LCD dan LED. Kedua jenis monitor ini memiliki beberapa kelebihan, yaitu hemat daya, kualitas gambar lebih baik, dan tidak memakan banyak tempat.

  • Speaker
Speaker

Speaker adalah perangkat keras output (keluaran) yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan berupa suara. Speaker terdiri dari beberapa bagian, yaitu membran, magnet, kumparan, sekat rongga, casing.

  • Printer
Printer

Printer adalah perangkat keras output yang berfungsi untuk mencetak data berupa teks atau gambar ke dalam kertas dengan ukuran tertentu.

  • Proyektor
Perangkat Keras Komputer

Proyektor adalah alat yang mengintegrasikan sumber cahaya, sistem optic elektronik, dan display. Perangkat ini berfungsi untuk menampilkan gambar atau video ke dinding atau layar.

4. Perangkat Keras Penyimpanan

Perangkat keras penyimpanan adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menyimpan data pengguna. Ada dua perangkat keras penyimpanan utama sebuah komputer, yaitu penyimpanan non-volatile internal (HDD/SSD) dan penyimpanan volatle (RAM). Berikut beberapa contoh perangkat keras penyimpanan :

  • Harddisk
Harddisk

Harddisk adalah perangkat keras berbentuk piringan yang digunakan sebagai media penyimpanan. Harddisk akan menyimpan data seperti dokumen, video, gambar, dan musik secara permanen. Artinya data tersebut tidak akan hilang jika komputer dimatikan, kecuali jika data tersebut dihapus atau terkena virus.

  • SSD
SSD (Solid State Drive)

SSD (Solid State Drive) merupakan jenis media penyimpanan pengganti harddisk, dimana telah menggunakan chip-chip memori yang saling terhubung dalam penyimpanan data. SSD dianggap lebih canggih daripada harddisk karena memiliki kecepatan akses yang lebih tinggi sehingga komputer dapat bekerja secara maksimal.

  • RAM
RAM

RAM (Random Access Memory) adalah perangkat keras pengolahan data yang berfungsi untuk menyimpan semua instruksi dari prosesor. Instruksi yang disimpan bersifat sementara. Artinya, instruksi tersebut akan hilang ketika komputer dimatikan.

  • ROM
Perangkat Keras Komputer

ROM (Read Only Memory) merupakan media penyimpanan yang berfungsi untuk membaca data dan bersifat permanen.

  • Flashdisk
Perangkat Keras Komputer

Flashdisk adalah perangkat yang digunakan untuk menyimpan data eksternal. Kapasitas flashdisk sendiri beraneka ragam, mulai dari 2GB, 4GB, 8GB, hingga 128GB atau lebih.

5. Perangkat Keras Kelistrikan

Agar komputer dapat bekerja dibutuhkan asupan daya dan tegangan yang stabil. Komputer sendiri menggunakan power supply untuk memanajemen listrik ke masing-masing perangkat keras. Berikut contoh perangkat keras kelistrikan :

  • Power Supply
Perangkat Keras Komputer

Power supply adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk mensuplai daya dan energi listrik pada komputer. Ada beberapa jenis power supply, diantaranya yaitu Power Supply AT dan Power Supply ATX.

  • UPS
Perangkat Keras Komputer

UPS (Uninterruptible Power Supply) adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memberikan suplai listrik ketika tegangan listrik utama berhenti atau tidak berfungsi. Dengan kata lain perangkat keras ini merupakan cadangan listrik pada saat tegangan listrik utama mati.

Contoh Perangkat Keras Komputer

Berikut adalah beberapa contoh perangkat keras komputer lainnya disertai penjelasan dan fungsinya :

1. Repeater

Repeater

Repeater merupakan sebuah perangkat yang berkaitan dengan jaringan. Perangkat ini berfungsi meningkatkan jangkauan sinyal dari sebuah jaringan.

2. Access Point

Access point merupakan sebuah perangkat jaringan yang digunakan secara personal. Perangkat ini mampu membuat sebuah jaringan WLAN atau wireless LAN. Sering disebut WiFi atau hotspot.

3. Bluetooth USB Dongle

Bluetooth USB Dongle

Merupakan sebuah perangkat keras tambahan yang menyajikan koneksi bluetooth pada komputer. Perangkat ini juga sering digunakan untuk menghubungkan mouse wireless dengan komputer.

4. WLAN Card

WLAN Card

WLAN Card / Wireless LAN Card merupakan perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan komputer dengan akses jaringan tanpa menggunakan kabel (Wireless). Cara kerjanya yaitu menerima sinyal yang berasal dari perangkat jaringan Access Point.

5. Firewire Card

Firewire Card

Firewire Card adalah sebuah perangkat port data yang dirancang untuk mentransfer data dengan kecepatan maksimal. Perangkat ini biasanya ditemukan dalam Device Set Apple.

6. VGA Cable

Perangkat Keras Komputer VGA Cable

VGA Cable merupakan sebuah perangkat yang berkaitan dengan konektor. Perangkat ini berfungsi untuk menghubungkan konektor VGA monitor dengan VGA card pada komputer, sehingga kamu bisa melihat tampilan komputer pada display atau layar monitor. Selain itu, VGA Cable juga bisa digunakan untuk menghubungkan media lain, seperti proyektor.

7. HDMI Cable

Perangkat Keras Komputer HDMI Cable

HDMI Cable merupakan perangkat keras komputer yang fungsinya mirip seperti VGA Cable. Namun kabel HDMI ini sudah mendukung kualitas HD (High Definition), sekaligus mendukung suara.

8. ZIP Cable

ZIP Cable adalah perangkat yang berfungsi sebagai media penyimpanan berbentuk disk. Sebelumnya, ZIP Drive hanya memiliki kapasitas 100 MB, kemudian ditingkatkan menjadi 250 MB dan akhirnya menjadi 750 MB.

9. Power Cable

Perangkat Keras Komputer

Power Cable merupakan perangkat yang berfungsi untuk meneruskan aliran listrik ke power supply komputer pada PC. Selain itu, perangkat ini juga memiliki beberapa fungsi lainnya, yaitu :

  • Untuk memperkecil voltase listrik yang masuk ke dalam laptop.
  • Sebagai penyalur listrik saat komputer pertama kali dinyalakan.
  • Melakukan charging pada baterai laptop.

10. UTP / Line Cable

Perangkat Keras Komputer

Line cable merupakan perangkat yang digunakan untuk membuat jaringan komputer serta dapat digunakan untuk membuat koneksi dual up melalui telepon.

11. RJ45

RJ45

RJ45 merupakan sebuah penghubung jaringan pada satu komputer ke komputer lainnya. Jaringan ini dikenal dengan jaringan topologi.

12. Modem

Perangkat Keras Komputer

Modem adalah perangkat jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan komputer ke jaringan internet. Ada beberapa jenis modem, diantaranya yaitu modem USB stick, modem wireless, dan modem yang berfungsi sebagai access point atau sebagai router.

13. TV Tuner Card

TV Tuner Card

TV Tuner Card adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menyiarkan tv pada komputer.

14. LAN Card

LAN Card

LAN (Local Area Network) card biasanya dipasang pada slot PCI yang ada di motherboard. Perangkat ini sering disebut NIC (Network Interface Card). Fungsi dari perangkat ini adalah untuk menghubungkan beberapa komputer dalam jaringan LAN. Contohnya, jaringan komputer yang ada dalam satu rumah, satu kantor, atau satu gedung.

15. AGP Card

AGP Card

AGP (Accelerated Graphics Port) adalah perangkat yang berfungsi untuk memaksimalkan resolusi gambar pada layar komputer.

16. Barcode Scanner

Perangkat Keras Komputer

Barcode scanner merupakan alat yang berwujud gagangan dan berisikan laser berwarna merah yang digunakan untuk memindai barcode.

17. Floppy Disk (Disket)

Perangkat Keras Komputer

Floppy disk merupakan media penyimpanan data yang berbentuk kepingan kotak dengan kapasitas yang sangat kecil, yaitu sekitar 1,44 MB. Seiring perkembangan teknologi, alat ini tidak lagi digunakan, sebab sudah ada harddisk atau flashdisk yang kapasitasnya lebih besar.

18. Joystick

Joystick

Joystick adalah perangkat keras yang memiliki bentuk seperti tuas gigi mobil atau seperti stick konsol. Perangkat ini berfungsi untuk memberikan perintah ketika bermain game pada komputer.

19. Trackball

Trackball

Trackball merupakan perangkat yang berfungsi sebagai alat penunjuk untuk mendeteksi suatu gerakan.

20. Light Pen

Light Pen

Light Pen adalah alat yang berfungsi untuk memodifikasi atau mendesain gambar dengan menggunakan screen atau monitor.

21. Magnetic Tape

Magnetic tape

Magnetic tape adalah perangkat yang berfungsi untuk menyimpan data dalam jumlah yang besar. Semua data yang disimpan menggunakan akses dan proses secara squensial. Squensial adalah rangkaian logika yang berdasarkan urutan waktu.

22. FDD

Perangkat Keras Komputer

FDD (Floppy Disk Drive) adalah perangkat keras yang berfungsi untuk memutar piringan dan menggerakan head baca tulis yang selanjutnya diterjemahkan ke dalam disket.

23. Heatsink

Perangkat Keras Komputer

Heatsink atau kipas pendingin adalah sebuah perangkat yang berfungsi sebagai alat pendingin processor agar komputer tetap berjalan secara stabil tanpa panas.

24. Digitizer

Perangkat Keras Komputer

Digitizer merupakan perangkat yang berfungsi untuk merubah data analog menjadi digital.

25. Touchpad

Perangkat Keras Komputer

Touchpad adalah alat penunjuk yang berfungsi untuk menampilkan sensor pada permukaan khusus yang dapat mengikuti pergerakan jari user (pengguna) ke posisi yang diinginkan pada layar monitor. Touchpad hanya terdapat pada laptop atau notebook dan cara kerjanya mirip seperti mouse.

26. Microphone

Perangkat Keras Komputer

Microphone adalah alat yang bisa menangkap gelombang suara kemudian merubahnya menjadi getaran listrik. Microphone berfungsi untuk mengeluarkan suara atau menjadi media rekaman suara yang divisualkan melalui gelombang getaran suara.

27. Webcam

Perangkat Keras Komputer

Webcam adalah perangkat keras berwujud kamera kecil yang letaknya berada di atas monitor atau LCD. Webcam berfungsi untuk melakukan video call atau berfoto.

28. Headset

Perangkat Keras Komputer

Headset adalah perangkat yang terhubung dalam komputer. Perangkat ini berfungsi untuk mendengarkan suara sekaligus berbicara dengan lawan bicara.

29. Headphone

Perangkat Keras Komputer

Headphone adalah perangkat yang berfungsi untuk mendengarkan suara secara pribadi setelah dihubungkan pada speaker. Headphone berbeda dengan earphone. Headphone memiliki ukuran yang lebih besar dan menutupi seluruh telinga jika digunakan. Sedangkan earphone hanya menutupi telinga saja.

30. Harddisk Eksternal

Harddisk eksternal

Harddisk eksternal merupakan harddisk yang berada di luar komputer yang memiliki kapasitas sangat besar. Dengan menggunakan harddisk ini, data dapat dibawa kemana saja.

31. Card Reader

Perangkat Keras Komputer

Card reader merupakan perangkat tambahan komputer yang memiliki fungsi untuk membaca kartu memori handphone atau kartu memori lainnya seperti Mini-SD, SD Card, RS Card, MSD Card, dan lainnya.

32. Kabel Data

Perangkat Keras Komputer

Kabel data juga merupakan perangkat tambahan yang berfungsi untuk menerima atau mengirimkan data dari komputer ke handphone atau sebaliknya.

33. Router

Perangkat Keras Komputer

Router adalah perangkat jaringan yang berfungsi sebagai penghubung komputer ke beberapa jaringan yang mempunyai akses jaringan sama maupun berbeda.

34. Hub/Switch

Perangkat Keras Komputer

Hub atau Switch adalah perangkat keras yang memiliki banyak port yang bertujuan untuk menghubungkan beberapa komputer sehingga membentuk suatu jaringan topologi.

Demikian ulasan mengenai perangkat keras komputer atau hardware. Semoga artikel ini bermanfaat ya. 🙂

Baca juga artikel dari Pantainesia

Tinggalkan komentar