Pakaian Adat Kalimantan Tengah

Pakaian Adat Kalimantan Tengah – Kalimantan Tengah merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang berada di pulau Kalimantan. Provinsi ini memiliki berbagai macam kebudayaan, sama seperti provinsi lainnya. Salah satu kebudayaan yang dimiliki dan sering digunakan oleh masyarakat Kalimantan Tengah yaitu pakaian adat.

Ada 5 jenis pakaian adat Kalimantan Tengah, yaitu baju sangkarut, baju pawang, baju tenunan, baju anyaman tikar, dan baju berantai. Berikut penjelasannya :

1. Baju Sangkarut

Baju Sangkarut

Pakaian adat Kalimantan Tengah yang pertama yaitu baju sangkarut. Baju ini terbuat dari serat daun lemba, serat daun nenas, atau serat nyamu yang dihiasi sulau atau kulit kerang.

Pada zaman dahulu baju ini digunakan oleh suku Dayak saat berperang, karena memang baju ini merupakan baju perang. Selain digunakan saat berperang, baju ini juga digunakan ketika ada acara pernikahan.

2. Baju Pawang

Baju Pawang

Pakaian adat Kalimantan Timur yang selanjutnya yaitu baju pawang. Baju pawang terbuat dari serat tumbuhan khusus yang dipercaya masyarakat sekitar memiliki ilmu magis. Baju ini dihiasi berbagai macam manik-manik serta rumbai-rumbai benang.

>> Baca Juga :Pakaian Adat Kalimantan Timur

Biasanya baju ini digunakan oleh seorang dukun atau ulama ketika memanjatkan doa untuk mendatangkan hujan, ketika menyembuhkan orang sakit, atau meminta perlindungan jika ada roh jahat.

3. Baju Tenunan

Adanya baju tenunan di Kalimantan Tengah menandakan bahwa disana terdapat tradisi tenun seperti di suku lain. Bahan yang digunakan untuk membuat baju tenun hampir sama seperti bahan yang digunakan untuk membuat baju sangkarut yaitu seperti serat nyamu, serat nenas. dan beberapa serat tumbuhan lainnya.

Pakaian adat Kalimantan Tengah yang satu ini banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari oleh warga suku Dayak Kalimantan Tengah.

4. Baju Anyaman Tikar

Baju Anyaman Tikar

Pakaian yang satu ini merupakan pakaian perang yang berasal dari suku dayak. Bahan untuk membuat baju ini berasal dari serat kayu yang dilapisi hiasan tulang belulang, ukiran kayu atau kerang.

>> Baca juga : Pakaian Adat Kalimantan Selatan

5. Baju Berantai

Baju Berantai

Pakaian adat Kalimantan Tengah yang terakhir yaitu baju berantai. Pakaian ini juga berasal dari suku dayak, sama seperti pakaian adat sebelumnya. Bahan yang digunakan untuk membuat baju berantai berasal dari besi-besi.

Demikian ulasan mengenai pakaian adat Kalimantan Tengah yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Baca Juga : Rumah Adat Kalimantan

Baca juga artikel dari Pantainesia

Tinggalkan komentar