Pakaian Adat Kalimantan Barat

Pakaian Adat Kalimantan Barat – Kalimantan Barat memiliki kebudayaan yang sangat beragam, sehingga terdapat banyak suku. Suku yang paling dominan di wilayah ini yakni suku dayak dan suku melayu.

Kedua suku tersebut memiliki keanekaragaman budaya dengan ciri khasnya masing-masing. Dapat dilihat dari jenis pakaian adatnya.

Dalam artikel ini kami akan memberikan ulasan mengenai pakaian adat yang ada di Kalimantan Barat. Yuk simak selengkapnya di bawah ini.

Pakaian Adat Kalimantan Barat

Berikut ini 8 jenis pakaian adat Kalimantan Barat yang memiliki ciri khas tersendiri :

1. Pakaian Adat King Baba

Pakaian Adat King Baba

King baba merupakan jenis pakaian adat Kalimantan Barat yang digunakan oleh para laki-laki suku dayak. Dalam bahasa suku dayak, king bermakna pakaian dan baba bermakna laki-laki.

Bahan yang digunakan untuk membuat pakaian ini berasal dari kulit tanaman ampuro atau kayu kapuo. Cara pembuatannya melalui beberapa tahap, yang pertama yaitu dengan dipukul-pukul di dalam air hingga tertinggal seratnya saja.

Jika dirasa sudah lentur, kulit ini kemudian dijemur dan dihiasi dengan lukisan etnik khas Dayak. Untuk warna menggunakan pewarna alami. Setelah itu, kulit kayu dibuat sedemikian rupa hingga membentuk mirip rompi tanpa lengan dan sebuah penutup kaki.

Baca Juga : Pakaian Adat Kalimantan Timur

King Baba ini memiliki hiasan yang unik yaitu ikat kepala yang terdapat bulu burung enggang. Hiasan tersebut menjadi keunikan tersendiri bagi seorang laki-laki. Tak hanya ikat kepala saja, ada juga senjata tradisional yang dipakai yaitu berupa Mandau.

2. Pakaian Adat King Bibinge

Pakaian Adat King Bibinge

Jika King Baba merupakan pakaian adat Kalimantan Barat untuk laki-laki suku dayak, maka King Bibinge merupakan pakaian adat wanita untuk suku dayak.

Bahan dan proses pembuatan pakaian King Bibinge tidak jauh berbeda dengan King Baba. Hanya saja, desain King Bibinge lebih sopan seperti menutup dada, stagen, kain bawahan dan manik-manik.

Hiasan yang dipakai juga sama yaitu ikat kepala yang berbentuk segitiga dari bulu burung enggang. Selain itu, ada juga hiasan lainnya seperti gelang tangan yang terbuat dari pintalan akar tanaman, kalung yang terbuat dari kulit (tulang) hewan, serta berbagai macam gelang seperti tajuk bulu tantawan, tajuk bulu area, galang pasan manik, galing gading dan lain-lain.

3. Pakaian Adat King Kabo

Pakaian Adat King Kabo

King Kabo merupakan pakaian adat pria dayak hasil modifikasi dari King Baba yang dipadukan dengan kain sungkit. Kain sungkit sendiri merupakan kain khas yang berasal dari negara tetangga dekatnya yaitu Brunei Darussalam.

Modifikasi ini bisa terjadi karena adanya kreasi serta mengikuti perkembangan jaman. Meskipun terjadi modifikasi, King Kabo tetap memperlihatkan keunikan dan ciri khas suku dayak. Aksesoris yang digunakan pun sama seperti King Baba yaitu hiasan pada bagian kepala dan senjata tradisional berupa Mandau.

4. Teluk Belalang & Cekak Musang

Pakaian Adat Teluk Belanga & Cekak Musang

Teluk Belalang & Cekak Musang merupakan pakaian adat Kalimantan Barat suku melayu, tepatnya Melayu Sambas.

Bahan yang digunakan untuk membuat pakaian ini yaitu kain songket. Jadi, berbeda dengan King Baba dan King Bibinge yang menggunakan kulit pohon.

Desain dan model dari Teluk Belalang dan Cekak Musang sudah serba tertutup.

5. Pakaian Adat Buang Kuureng

Pakaian Adat Buang Kuurung

Buang Kuureng merupakan pakaian tradisional dari suku Melayu. Buang Kuureng memiliki nama lain Baju Kurung.

Selain dipakai masyarakat Melayu Kalimantan Barat, baju kurung ini juga dipakai oleh masyarakat Melayu yang tinggal di negara Malaysia, Brunei Darussalam dan provinsi lain di Indonesia.

Pakaian Adat Kalimantan Selatan

Pakaian adat Kalimantan Barat yang satu ini memiliki ciri khas tersendiri yang dapat dilihat dari corak, bahan dan desainnya.

Ada dua jenis baju kurung yang dipakai oleh wanita yaitu baju kurung berlengan pendek yang disebut  Kuurung Sampek Tangan dan baju kurung berlengan panjang yang disebut Kuurung Langke Tangan.

6. Pakaian Adat Indulu Manik

Pakaian Adat Indulu Manik

Pakaian adat Kalimantan Barat yang selanjutnya yaitu Indulu Manik. Pakaian ini dihiasi oleh manik-manik halus yang didapat langsung dari daerah Serawak, Malaysia Timur.

7. Pakaian Adat King Tompang

Pakaian Adat King Tompang

King Tompang memiliki warna dasar hitam, biru, dan merah. Hiasan yang menempel pada pakaian adat ini beraneka ragam.

Adanya kombinasi benang dan pita warna-warni membuat pakaian adat ini menjadi unik dan menarik.

8. King Buri & Bulang Buri

Pakaian adat Kalimantan Barat yang terakhir yaitu King Buri dan Bulang Buri. Pakaian ini terbuat dari buri atau kulit binatang sejenis kerang laut yang kecil dan keras.

Itulah 8 jenis pakaian adat Kalimantan Barat yang memiliki ciri khas tersendiri. Semoga artikel ini bermanfaat.

Baca Juga : Rumah Adat Kalimantan

Tinggalkan komentar