Sholat Tahajud

Shalat tahajud adalah sholat sunnat yang di kerjakan pada malam hari dan setelah tidur, walaupun hanya tidur sebentar saja. Jadi, jika sholat tersebut dikerjakan tanpa tidur sebelumnya, maka sholat itu bukanlah sholat tahajud, melainkan sholat sunnat biasa seperti witir atau lainnya.

Untuk bilangan rakaatnya, shalat tahajud dikerjakan sekurang-kurangnya 2 rokaat dan sebanyak-banyaknya 12 rakaat. Ada pula yang berpendapat bahwa sebanyak-banyaknya itu tidak terbatas.

Sedangkan untuk waktunya yaitu sesudah shalat isya hingga terbit fajar. Nah, di sepanjang malam tersebut terdapat saat-saat utama, lebih utama, dan yang paling utama. Hal ini kan dibahas lebih rinci dalam sub waktu sholat tahajud.

Pahala shalat sunnat tahajud sangatlah besar, sebagaimana firman Allah yang disebutkan dalam Al Qur’an surat Al Isra’ ayat 79 yang berbunyi sebagai berikut :

وَمِنَ الَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهٖ نَا فِلَةً لَّكَ ۖ عَسٰۤى اَنْ يَّبْعَـثَكَ رَبُّكَ مَقَا مًا مَّحْمُوْدًا

“Dan pada sebagian malam, lakukanlah sholat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji” (QS. Al Isra : 79)

Hukum Sholat Tahajud

Hukum shalat tahajud adalah sunnat muakkad atau sangat dianjurkan. Shalat tahajud menjadi shalat yang senantiasa dijadikan amalan wirid oleh Rasulullah saw, para sahabat Rasul, ulama, dan shalihin.

Waktu Sholat Tahajud

Waktu untuk mengerjakan sholat tahajud yaitu sepanjang malam setelah sholat isya hingga terbit fajar. Di sepanjang malam tersebut terdapat saat-saat utama, lebih utama, dan yang paling utama. Jadi, waktu malam yang panjang tersebut dapat dibagi menjadi tiga bagian, yaitu :

  1. Sepertiga malam pertama mulai sekitar pukul 19.15 sampai dengan pukul 22.15. Waktu tersebut adalah saat utama.
  2. Sepertiga malam kedua mulai sekitar pukul 22.15 sampai dengan pukul 01.15. Waktu ini adalah saat lebih utama.
  3. Sepertiga malam ketiga mulai sekitar pukul 01.15 sampai dengan pukul 04.00 hingga masuknya waktu subuh. Ini adalah saat yang paling utama.

Demikian pula menurut Rasulullah saw dalam sebuah hadits berikut ini :

Hadits Waktu Sholat Tahajud

Dalam sebuah hadits yang lain Rasulullah saw bersabda :

Hadits Waktu Sholat Tahajud 2

Jumlah Rakaat Sholat Tahajud

Jumlah rakaat shalat tahajud sudah dijelaskan sebelumnya yaitu paling sedikit dua rakaat dan paling banyak tidak terbatas.

Shalat tahajud yang biasa dilakukan oleh Rasulullah saw yaitu delapan rakaat ditambah witir tiga rakaat sekali salam. Jadi, shalat tahajud sama halnya seperti shalat sunnat lainnya, hanya saja shalat tahajud dilakukan pada malam hari dan sesudah tidur, sebagaimana disebutkan dalam hadits berikut ini :

Hadits Jumlah Rakaat Sholat Tahajud

Dari keterangan hadits tersebut, maka shalat malam atau shalat tahajud dilakukan dua rakaat dua rakaat dan ditutup dengan shalat witir (shalat ganjil).

Niat Sholat Tahajud

Niat Sholat Tahajud

Bacaan Latin

Usholli sunnatat tahajjudi rok’ataini lillaahi ta’aalaa.

Artinya

“Aku berniat sholat tahajud dua rakaat karena Allah ta’ala”

Tata Cara Sholat Tahajud

Berikut adalah tata cara shalat tahajud :

Rokaat Pertama

  1. Niat
  2. Takbiratul Ihram (Allaahu Akbar)
  3. Membaca doa iftitah
  4. Membaca surat Al Fatihah
  5. Membaca surat dari Al Qur’an. (Apa saja yang mudah)
  6. Melakukan Ruku
  7. Melakukan I’tidal
  8. Melakukan sujud pertama
  9. Duduk diantara dua sujud
  10. Melakukan sujud kedua
  11. Berdiri lagi untuk melaksanakan rakaat kedua

Rakaat Kedua

  1. Membaca surat Al Fatihah
  2. Membaca surat dari Al Qur’an. (Apa saja yang mudah)
  3. Melakukan Ruku
  4. Melakukan I’tidal
  5. Melakukan sujud pertama
  6. Duduk diantara dua sujud
  7. Melakukan sujud kedua
  8. Tahiyat akhir
  9. Mengucapkan salam

Doa Setelah Sholat Tahajud

Setelah melakukan shalat tahajud disunahkan untuk membaca doa setelah shalat tahajud lengkap berikut ini :

Doa Setelah Sholat Tahajud

Bacaan Latin

Allahumma lakal hamdu anta qayyumus smaa waati wal ardhi wa man fiihinna(a). Wa lakal hamdu anta malikus samaa waati wal ardhi wa man fiihinn(a). Wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardgi wa man fiihinn(a). Wa lakal antal haqqun, wal jannatu haqquw wannaaru haqquw wan-nabiyyuuna haqquw wa Muhammadun shallallahu ‘alaihi wa sallama haqquw wassaa’atu haqq.

Allaahumma laka aslamtu wa bika aamantu wa ‘alaika tawakkaltu wa ilaika anabtu. Wa bika khaashamtu wa ilaika haakamtu faghfirlii maa qoddamtu wa maa akhkhartu wa maa asrartu wa maa a’lantu wa maa anta a’lamu bihiminnii. Antal muqoddimu wa antal mu’akhkhiru laa ilaaha anta. Wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah.

Artinya

“Ya Allah bagi-Mu lah segala puji, Engkaulah yang mengurus langit dan bumi serta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Raja langit dan bumi beserta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi beserta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Maha benar, janji-Mu adalah benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, ucapan-Mu adalah benar, surga adalah benar, neraka adalah benar, para nabi adalah benar dan Nabi Muhammad saw adalah benar serta hari kiamat adalah benar.

“Ya Allah hanya kepada-Mu aku berserah diri, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku bertawakal, hanya kepada-Mu aku kembali (bertaubat), kepada-Mu aku mengadu, dan kepada-Mu aku meminta keputusan, maka ampunilah dosa-dosaku yang telah lalu dan yang kemudian serta apa yang kusembunyikan dan yang kulakukan dengan terang-terangan dan apa yang lebih Engkau ketahui dariku, Engkau yang mendahulukan dan mengakhirkan, tiada Tuhan selain Engkau, dan tiada daya upaya (untuk menghindar dari kemaksiatan) dan tiada kekuatan (untuk melakukan ibadah) kecuali dengan pertolongan Allah.”

Setelah membaca doa diatas, Anda bisa membaca doa lainnya seperti doa mohon ampunan dan memohon petunjuk, doa ayat kursi, dan doa yang sesuai dengan apa yang sedang kita hajatkan atau inginkan.

Dzikir Setelah Sholat Tahajud

Agar lebih lengkap dan sempurna dalam mengerjakan shalat tahajud, maka sebaiknya setelah selesai shalat dilanjutkan dengan berdzikir. Adapun dzikir yang bisa Anda baca diantaranya :

  1. Dzikir istighfar (Astaghfirullaahal ‘adziim)
  2. Dzikir Tasbih (Subhanallah)
  3. Dzikir Tahmid (Alhamdulillah)
  4. Dzikir Takbir (Allahu Akbar)
  5. Dzikir Laa ilaaha illallah
  6. Dzikir Sholawat Nabi Muhammad saw

Keistimewaan Sholat Tahajud

Shalat tahajud memiliki keistimewaan yang hasilnya bisa memberikan manfaat bagi orang yang mengamalkannya, diantaranya sebagai berikut :

  1. Mendapatkan perhatian dan kecintaan dari orang-orang disekitarnya.
  2. Wajahnya akan memancarkan cahaya keimanan.
  3. Allah akan menjaganya dari segala macam marabahaya.
  4. Hisabnya akan dimudahkan.
  5. Ketika berjalan di atas shirath bagaikan kilat.
  6. Ketika di bangkitkan dari kubur, wajahnya akan bercahaya.
  7. Setiap perkataannya mengandung makna dan diturut oleh orang lain.
  8. Kitab amalnya akan diberikan pada tangan kanannya ketika penghisaban.

Itulah keistimewaan dari mengerjakan shalat tahajud. Semoga dengan mengetahui keistimewaan tersebut kita senantiasa lebih semangat lagi untuk mengerjakan shalat tahajud.

Referensi :
Ubaid Ibnu Abdillah, Penerbit Pustaka Media, Surabaya

ARTIKEL LAINNYA

Baca juga artikel dari Pantainesia

Tinggalkan komentar