Motif Ragam Hias

Hallo semua, selamat datang kembali di bahassemua.com. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai motif ragam hias. Seperti apa sih motif ragam hias itu? Ada berapa jenisnya? Untuk lebih jelasnya simak penjelasan dibawah ini.

Pengertian Ragam Hias 

Ragam hias juga dapat diartikan sebagai bentuk dasar hiasan yang umumnya diulang-ulang sehingga menjadi pola dalam suatu karya kesenian atau kerajinan. Ragam hias atau ornamen dapat dihasilkan dari proses mencetak, menggambar, memahat dan lain sebagainya untuk meningkatkan mutu dan nilai pada suatu karya seni.

Ragam hias adalah salah satu karya seni yang sudah berkembang sejak zaman prasejarah. Di Indonesia, ragam hias dapat dengan mudah kita jumpai. Ragam hias dipengaruhi oleh faktor flora dan fauna, lingkungan alam dan budaya di masing-masing daerah. Keinginan untuk menghias adalah naluri atau insting manusia. Ragam hias dibuat berdasarkan kebutuhan masyarakat baik itu bersifat praktis maupun yang terkait dengan kepercayaan atau agama.

Ada ragam hias yang memiliki makna simbolis karena mengandung nilai-nilai kebudayaan masyarakat pendukungnya. Membuat ragam hias dapat dilakukan dengan stilasi atau penggayaan dengan cara menyederhanakan objek yang menjadi sumbernya dengan pertimbangan keindahan. Selain itu, ragam hias juga harus disesuaikan dengan fungsinya.

Motif Ragam Hias

Motif ragam hias ada 4 yaitu, motif ragam hias flora (vegetal), fauna (animal), geometris dan figural (manusia). Motif ragam hias tersebut dapat diterapkan pada media dua dimensi maupun tiga dimensi. Berikut penjelasan tentang keempat motif ragam hias tersebut.

1. Ragam Hias Flora (Vegetal)

Motif Ragam Hias Flora 1
repptu.blogspot.com

Motif ragam hias yang pertama adalah ragam hias flora atau vegetal. Flora sebagai sumber objektif ragam hias dapat kita jumpai hampir di seluruh pulau di Indonesia. Motif ragam hias flora sering kita jumpai pada barang-barang karya seni seperti ukiran, kain sulam, kain tenun, batik, dan bordir.

2. Ragam Hias Fauna (Animal)

Motif Ragam Hias Fauna 1
abbeart.blogspot.com

Motif ragam hias yang kedua adalah ragam hias fauna atau animal. Bentuk motif animal dapat dibuat berdasarkan berbagai jenis binatang seperti ikan, gajah, burung, ayam, ular dan lain-lain. Dalam membuat motif ragam hias fauna dapat digabung dengan motif ragam hias flora atau motif ragam hias geometrik.

Di Indonesia banyak yang menggunakan hewan sebagai objek motif ragam hias fauna. Daerah-daerah tersebut seperti Bali, kalimantan, Sumatera, Papua, Sulawesi, dan Yogyakarta. Motif ragam hias fauna di daerah tersebut dapat kita jumpai pada hasil karya batik, kain tenun, kain bordir, sulaman, anyaman, dan ukiran.

Motif ragam hias fauna juga dapat dijadikan sebagai sarana untuk memperkenalkan kearifan lokal daerah di Indonesia seperti komodo di Nusa Tenggara Timur, gajah di Lampung dan burung Cendrawasih di papua.

3. Ragam Hias Geometris

Motif Ragam Hias Geometris 1
tradisikita.my.id

Motif ragam hias selanjutnya adalah ragam hias geometris. Ragam hias geometris merupakan motif hias yang dikembangkan dari bentuk-bentuk geometris yang kemudian digayakan sesuai dengan imajinasi atau selera pembuatnya.

Ragam hias geometris dapat kita jumpai di seluruh daerah di Indonesia seperti Kalimantan, Sulawesi, Papua, Sumatera, dan Jawa. Dengan menggabungkan bentuk-bentuk geometris ke dalam satu motif ragam hias kita dapat membuat ragam hias geometris.

4. Ragam Hias Figuratif

Motif Ragam Hias Figuratif 1
pinterest.com

Motif ragam hias yang terakhir adalah ragam hias figuratif. Bentuk dari motif ragam hias figuratif adalah objek manusia yang digambar dengan mendapatkan penggayaan bentuk. Ragam hias figuratif biasanya terdapat pada bahan kayu atau bahan tekstil, yang proses pembuatannya dapat dilakukan dengan cara menggambar.

Pola Ragam Hias

Bentuk ragam hias pada umumnya memiliki susunan atau pola yang diulang-ulang. Dalam bentuk ragam hias, pola yang ditampilkan dapat berupa pola ragam hias yang terukur, teratur dan memiliki keseimbangan. Pola ragam geometris dapat ditandai dari bentuknya seperti zig-zag, segitiga, persegi empat, lingkaran dan garis silang.

Pola bidang yang disebutkan diatas merupakan pola geometris yang bentuknya teratur. Bentuk pola geometris juga dapat diubah dengan cara mengubah susunan pola ragam hias menjadi pola ragam hias tidak beraturan namun tetap memperhatikan segi keindahan.

Teknik Menggambar Ragam Hias

Gambar ragam hias sangat bervariatif, ada yang diambil dari flora, fauna, bentuk geometris dan bentuk figuratif. Bentuk gambar ragam hias dapat berupa pengulangan atau sulur-suluran. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan saat akan menggambar ragam hias :

  • Perhatikan pola gambar ragam hias yang akan digambar.
  • Siapkan alat atau media gambar.
  • Tentukan ukuran pola gambar yang akan dibuat.
  • Buat sketsa di salah satu kotak atau bidang yang telah dibuat sebelumnya.
  • Buat bentuk yang sama pada bidang yang lain, terakhir warnai gambar.

Menggambar Ragam Hias Flora
Ragam hias flora dapat kamu jumpai di berbagai macam barang atau benda lainnya. Bentuk dan pola gambar ragam hias flora beraneka ragam. Kamu bisa menggunakan pola pengulangan atau sulur-suluran. Ragam hias flora dapat diambil dari objek daun tunggal. Setelah itu kembangkan sesuai dengan imajinasi dan kreativitasmu.

Menggambar Ragam Hias Fauna
Bentuk ragam hias fauna memiliki keunikan dan keindahan yang sama dengan ragam hias flora. Kita dapat mengambil objek ragam hias fauna seperti semut, gajah, ayam, cicak, dan ikan. Ragam hias fauna dapat digabung dengan ragam hias flora. Berikut tahapan dalam menggambar ragam hias fauna :

  • Tentukan jenis fauna yang akan dijadikan sebagai gambar ragam hias.
  • Buatlah pola gambar ragam hiasnya.
  • Berilah warna pada hasil ragam hiasnya.

Menggambar Ragam Hias Geometris
Ragam hias geometris adalah motif hias yang dikembangkan dari bentuk-bentuk geometri seperti segi empat, segitiga atau lingkaran. Berikut beberapa tahapan dalam membuat ragam hias geometris :

  • Membuat ukuran pola bidang gambar geometris.
  • Membuat gambar geometris.
  • Mewarnai ragam hias geometris.

Menggambar Ragam Hias Figuratif (Manusia)
Motif hias figuratif menggunakan motif manusia yang digambar dengan penggayaan tertentu. Motif hias ini biasanya digunakan pada karya tekstil atau karya kayu yang dibuat dengan teknik menggambar atau mengukir.

Contoh Motif Ragam Hias

Berikut ini adalah contoh-contoh dari motif ragam hias.

1. Ragam Hias Flora

Ragam Hias Flora 1
gambar.pro
Ragam Hias Flora 2
pinterest.com
Ragam Hias Flora 3
infobatik.id

2. Ragam Hias Fauna

Ragam Hias Fauna 1
pinterest.com
Ragam Hias Fauna 2
abbeart.blogspot.com
Ragam Hias Fauna 3
pinterest.com

3. Raham Hias Geometris

Ragam Hias Geometris 1
decoromah.blogspot.com
Ragam Hias Geometris 2
apk.support
Ragam Hias Geometris 3
widiapangastuti.blogspot.com

4. Ragam Hias Figuratif

Ragam Hias Figuratif 1
teaandlead.blogspot.com
Ragam Hias Figuratif 2
perkatab.blogspot.com
Ragam Hias Figuratif 3
rebanas.com

Demikian pembahasan lengkap mengenai motif ragam hias. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Pengertian, Unsur, Jenis, dan Contoh Seni Rupa

Tinggalkan komentar