Ciri-Ciri Makhluk Hidup

Pada artikel kali ini kami akan memberikan secara ringkas dan lengkap mengenai ciri-ciri makhluk hidup. Ada 8 ciri-ciri makhluk hidup yaitu tumbuh dan berkembang, bergerak, bernapas, berkembangbiak, memerlukan makanan, iritabilita, eksresi dan adaptasi. Berikut penjelasannya ke delapan ciri-ciri makhluk hidup tersebut :

1. Tumbuh dan Berkembang

Ciri-Ciri Makhluk Hidup (Tumbuh dan Berkembang)

Ciri-ciri makhluk hidup yang pertama yaitu tumbuh dan berkembang. Setiap makhluk hidup pasti mengalami pertumbuhan. Tumbuh (pertumbuhan) adalah bertambahnya volume atau ukuran makhluk hidup yang irreversible. Irreversible artinya tidak kembali ke bentuk dan ukuran semula.

Pertumbuhan bersifat kuantitatif atau dapat diukur dengan alat ukur, sedangkan perkembangan bersifat kualitatif atau tidak dapat diukur. Pertumbuhan dan perkembangan berjalan beriringan.

Pertumbuhan dipengaruhi oleh faktor dalam (gen dan hormon) serta faktor luar (nutrisi, cahaya, kelembaban, suhu, dan lain-lain). Sementara perkembangan merupakan proses menuju kedewasaan.

Pertumbuhan manusia dapat dilihat dari tinggi tubuh yang berubah dari kecil sampai dewasa. Selain itu, hewan juga mengalami hal yang sama, contohnya seperti kupu-kupu yang bertelur kemudian menetas menjadi ulat, lalu menjadi kepompong. Kepompong berubah bentuk menjadi kupu-kupu muda akhirnya berkembang menjadi kupu-kupu dewasa.

2. Bergerak

Bergerak

Ciri-ciri makhluk hidup yang kedua adalah bergerak. Ada 2 macam gerak, yaitu gerak aktif dan gerak pasif. Gerak aktif adalah gerak berpindah tempat. Misalnya dengan kaki, sayap atau sirip.

Gerak pasif adalah gerak tidak berpindah tempat tetapi menggerakan sebagian tubuhnya seperti yang ditunjukan oleh tumbuhan. Contohnya batang menghadap cahaya.

3. Bernapas (Respirasi)

Ciri-ciri makhluk hidup yang selanjutnya yaitu bernapas. Bernapas adalah proses pengambilan oksigen untuk oksidasi makanan sehingga menghasilkan energi dan zat sisa berupa uap air dan karbondioksida. Energi digunakan untuk menjalankan kegiatan hidup seperti bergerak, tumbuh dan bergerak.

Alat pernapasan pada burung, reptil dan mamalia adalah paru-paru, sedangkan ikan menggunakan insang. Tumbuhan bernapas melalui stomata (di daun) dan lentisel (di batang).

4. Berkembangbiak (Reproduksi)

Ciri-Ciri Makhluk Hidup (Berkembangbiak)

Berkembangbiak juga menjadi salah satu ciri-ciri makhluk hidup. Makhluk hidup melakukan reproduksi atau berkembangbiak untuk menghasilkan individu baru yang bertujuan untuk melestarikan jenisnya. Secara garis besar, makhluk hidup berkembangbiak dengan dua cara, yaitu secara generatif/kawin dan secara vegetatif/tidak kawin.

5. Memerlukan Makanan

Memerlukan makanan menjadi ciri-ciri makhluk hidup yang selanjutnya. Makanan berfungsi untuk menghasilkan energi atau tenaga, pertumbuhan dan mengganti sel-sel yang rusak. Berdasarkan jenis makanannya, hewan terbagi menjadi 3 golongan yaitu karnivora (hewan pemakan daging), herbivora (hewan pemakan tumbuhan) dan omnivora (hewan pemakan daging dan tumbuhan).

Baca Juga : Hewan Herbivora, Karnivora dan Omnivora

Tumbuhan memenuhi kebutuhannya dengan cara berfotosintesis. Fotosintesis tumbuhan memerlukan gas karbondioksida, cahaya, air, dan klorofil. Fotosintesis tumbuhan menghasilkan gas oksigen dan zat makanan (karbohidrat).

Reaksi Fotosintesis

Tumbuhan disebut juga organisme autotrof karena bisa membuat makanan sendiri, sedangkan manusia dan hewan disebut organisme heterotrof, karena tidak mampu membuat makanan sendiri.

6. Iritabilita (Peka Terhadap Rangsang)

Iritabilita adalah kemampuan makhluk hidup untuk menanggapi rangsang. Rangsangan dapat berasal dari luar maupun dari dalam tumbuh. Contoh : Tumbuhan putri malu daunnya akan menutup jika disentuh, cacing tanah ketika terkena cahaya akan mengeliat.

7. Ekskresi (Pengeluaran Zat Sisa)

Ekskresi adalah proses pengeluaran zat sisa metabolisme tubuh. Zat sisa dikeluarkan dari tubuh agar tidak meracuni tubuh. Alat ekskresi pada manusia adalah ginjal, paru-paru, kulit, hati. Tumbuhan mengeluarkan zat sisa melalui stomata (di daun) dan lentisel (di dinding).

8. Adaptasi

Ciri-Ciri Makhluk Hidup (Adaptasi)

Ciri-ciri makhluk hidup yang terakhir yaitu adaptasi. Adaptasi adalah penyesuaian diri makhluk hidup terhadap lingkungannya. Ada 3 macam adaptasi, yaitu adaptasi morfologi, adaptasi fisiologi dan adaptasi tingkah laku.

Adaptasi morfologi contohnya bentuk paruh pada burung. Adaptasi fisiologi contohnya sapi memiliki enzim selulase untuk mencerna rumput. Adaptasi tingkah laku contohnya bunglon merubah warna tubuhnya untuk mengelabui musuh, lumba-lumba secara periodik keluar dari air untuk mengambil oksigen.

Nah itulah 8 ciri-ciri makhluk hidup yang daat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

ARTIKEL LAINNYA

Tinggalkan komentar