Perangkat Lunak Komputer (Software)

Perangkat lunak komputer adalah sebuah perangkat yang harus ada di dalam komputer agar komputer bisa dioperasikan. Perangkat lunak ini bisa kamu gunakan untuk mengedit video, membuat desain, bermain game, dan lain sebagainya.

Ingin mengetahui lebih detail mengenai perangkat lunak komputer? Simak ulasannya di bawah ini.

Apa Itu Perangkat Lunak Komputer?

Perangkat lunak komputer atau sering disebut software adalah sebuah komponen dari komputer yang berbentuk format data, program, dan file digital yang dapat dipasang, dibaca, dan digunakan di dalam komputer. Lebih singkatnya, perangkat lunak komputer adalah bagian komputer yang berwujud file digital.

Dengan adanya perangkat lunak ini, kamu bisa mengoperasikan komputer sebagaimana mestinya. Kamu bisa menggunakannya untuk mengakses internet, memutar video atau audio, mengedit photo, membuat desain dan masih banyak lagi.

Fungsi Perangkat Lunak

Software memiliki beberapa fungsi utama, yaitu :

  • Mengolah data atau mengolah perintah tertentu sehingga akan menghasilkan informasi yang diinginkan oleh pengguna.
  • Sebagai sarana interaksi yang menghubungkan pengguna dengan perangkat keras komputer (hardware).

Macam-Macam Perangkat Lunak Komputer

Contoh Perangkat Lunak Komputer

Ada berbagai macam perangkat lunak yang bisa dioperasikan pada komputer, mulai dari yang berbayar hingga tak berbayar. Berikut macam-macam perangkat lunak komputer :

1. Perangkat Lunak Berbayar

Sesuai dengan namanya, perangkat lunak ini mengharuskan penggunanya membayar dengan harga tertentu untuk menikmati fungsi perangkat lunak tersebut.

Perlu diketahui, meskipun kamu telah membayar perangkat tersebut, kamu tidak akan mendapatkan lisensi untuk membuat copian dan menyebarluaskannya untuk pengguna komputer lain.

Contoh software berbayar diantaranya seperti Microsoft Office, Microsoft Windows, Corel Draw, Adobe Photoshop, dan lain sebagainya.

2. Freeware

Freeware merupakan perangkat lunak yang bisa kamu gunakan secara gratis tanpa perlu membayarnya. Selain itu, kamu juga bisa menggunakannya tanpa batasan waktu.

Pada umumnya, software seperti ini didedikasikan untuk komunitas tertentu. Namun hak cipta tetap dipertahankan, sehingga siapa saja dapat melakukan update terbaru dari software ini.

Contoh freeware : Google Chrome, Youtube, Telegram, Whatsapp, Mozilla Firefox, UC Browser, Adobe Flash Player, dan lain-lain.

3. Free Software

Free software berbeda dengan freeware. Jika freeware bisa digunakan secara gratis tanpa batasan waktu, free software ini mengharuskan penggunanya membeli terlebih dahulu jika ingin menggunakannya.

Namun jika sudah membelinya, kamu bisa menggandakan, memodifikasi, atau mendistribusikannya secara bebas.

Contoh free software : Open Office, Opera, Free BSD, GNU BSD, MySql.

4. Shareware

Shareware adalah sebuah perangkat lunak komputer yang dapat digunakan secara gratis, namun ada batasan waktu untuk penggunaannya. Jadi, jika kamu ingin menikmati fitur yang ada di dalam software tersebut tanpa batasan waktu, kamu harus membelinya terlebih dahulu.

Dalam kata lain ada masa trial untuk shareware ini. Masa trial adalah masa dimana kamu dapat menikmati fitur yang ada sampai batas waktu tertentu. Inilah yang membedakan shareware dengan freeware.

Contoh shareware : WinRAR, Nero 7, IDM, Windows Blinds

5. Malware

Malware adalah jenis software yang dibuat untuk tujuan menyusup atau bahkan merusak sistem jaringan komputer. Singkatnya, malware adalah software yang dapat mengganggu perangkat komputer.

Contoh malware diantaranya seperti :

  • Virus komputer
  • Spyware (perangkat lunak pengintai)
  • Adware (software untuk iklan yang tidak transparan)
  • Software Bancos (yang bisa mencuri data dari komputer orang lain)

6. Open Source Software

Sesuai dengan namanya, software ini bersifat terbuka. Kamu bisa menggunakannya secara gratis. Selain itu, kamu bisa mempelajari, memodifikasi, bahkan menyebarluaskannya dengan aturan dan etika tertentu.

Contoh dari open source software yaitu Linux, yang fungsinya hampir mirip seperti Microsoft Windows.

Contoh Perangkat Lunak Komputer

Contoh Perangkat Lunak Komputer

Ada banyak sekali contoh software yang sering kita pakai, misalnya seperti Google Chrome, Opera Mini, Mozilla Firefox, atau UC Browser. Nah semua software tersebut termasuk dalam kategori Software Browser. Adapula kategori software lainnya, yaitu sebagai berikut :

1. Software System

Ada beberapa software yang digunakan sebagai sistem operasi komputer. Contohnya seperti Mac, Linux, dan Windows. Saat ini sistem operasi Windows paling banyak gunakan karena harganya lebih murah dari Mac.

2. Software Anti Virus

Software ini berfungsi untuk melindungi sistem dari berbagai macam serangan virus. Contohnya seperti Smadav, AVG, Norton, Avast, dan sebagainya.

3. Software Browser

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, software ini paling banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Fungsi dari software browser adalah untuk mencari informasi yang dibutuhkan di dalam internet. Contohnya, Internet Explorer, Google Chrome, Opera Mini, Mozilla Firefox, dan UC Browser.

4. Microsoft Office

Software ini dibuat dan dirancang khusus untuk menujang urusan perkantoran atau sekolah, seperti mengetik dokumen, media presentasi, atau akuntansi. Contoh yang termasuk dalam software ini yaitu Microsoft Excel, Word, Powerpoint, Outlook, dan Publisher.

5. Paint Software

Paint software mwmiliki fungsi sebagai pengolah gambar atau desain. Dengan adanya software ini kamu bisa membuat gambar atau pola, melakukan editing dan sebagainya. Beberapa contoh softwarenya yaitu Adobe Photosoft, Corel Draw, Paint, dan sebagainya.

Demikian ulasan mengenai perangkat lunak komputer (software). Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu kalian yang sedang mencari informasi mengenai software.

>> Baca juga : Topologi Jaringan Komputer

Tinggalkan komentar