Motif Ekonomi

Apa sih yang dimaksud dengan motif ekonomi? Ada berapa jenisnya? Dan, seperti apa contohnya? Simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Pengertian Motif Ekonomi

Kata motif berasal dari bahasa inggris yaitu “motive” yang berarti alasan atau penggerak. Sedangkan pengertian motif ekonomi adalah dorongan manusia untuk melakukan tindakan ekonomi. Motif manusia untuk memenuhi kebutuhannya dibedakan menjadi dua, yaitu motif intrinsik dan motif ekstrinsik.

Motif intrinsik adalah keinginan memperoleh barang atau jasa karena dorongan dari kesadaran diri. Contohnya :  orang minum karena haus, orang makan karena lapar.

Motif ekstrinsik adalah keinginan memperoleh barang atau jasa karena pengaruh dari pihak luar. Contohnya : Adit dibelikan sepeda ayahnya karena temannya ke sekolah naik sepeda.

Tujuan dari motif ekonomi adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup, memenuhi keinginan, serta untuk memperoleh kemakmuran dan kesejahteraan hidup.

Macam-Macam Motif Ekonomi

Secara umum, motif ekonomi terbagi menjadi 4 macam, yaitu :

1. Motif Memenuhi Kebutuhan Hidup dan Meningkatkan Kemakmuran

Motif untuk memenuhi kebutuhan hidupnya timbul dari diri manusia sendiri. Motif ini merupakan hal yang paling wajar bagi setiap orang, karena pemenuhan kebutuhan harus dilakukan untuk dapat hidup dengan layak.

Contohnya : orang membeli beras untuk kebutuhan makan.

2. Motif Mencari Keuntungan

Motof mencari keuntungan adalah motif yang mendorong seseorang melakukan tindakan ekonomi untuk memperoleh keuntungan. Motif ini umumnya dimiliki oleh para pedagang atau produsen.

Contohnya : seorang pedagang yang menyediakan barang dagangannya dengan baik dan rapi agar enak dilihat, melayani pembeli dengan ramah dan sopan sehingga konsumen tertarik untuk membelinya.

Usaha yang dilakukan oleh pedagang tersebut karena dorongan untuk memperoleh keuntungan dari barang yang dijualnya.

3. Motif Mendapatkan Kekuasaan Ekonomi

Motif mendapatkan kekuasaan ekonomi adalah motif yang mendorong seseorang untuk mendapatkan kekuasaan dalam bidang ekonomi. Motif ini umumnya dilakukan oleh pedagang besar.

Contohnya : para pedagang besar ingin memperoleh kekuasaan di bidang ekonomi, maka yang dilakukannya yaitu membeli barang untuk dijual kembali dalam jumlah yang besar.

Selain itu dengan membeli atau menyewa beberapa tempat untuk memasarkan barang dagangannya atau memperluas usahanya sampai ke daerah-daerah.

4. Motif Untuk Memperoleh Penghargaan

Motif untuk mendapatkan penghargaan adalah motif yang mendorong seseorang untuk memperoleh penghargaan, baik penghargaan karena keahliannya maupun karena jasanya.

Contohnya : seorang dokter mengabdi untuk mendapatkan penghargaan baik berupa uang, pujian, maupun kenaikan pangkat.

Selain motif ekonomi, ada juga motif non-ekonomi. Motif non-ekonomi adalah keinginan yang mendorong manusia untuk melakukan suatu tindakan, tanpa mempertimbangkan secara ekonomi.

Demikian pembahasan ringkas mengenai motif ekonomi. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel dari Pantainesia

Tinggalkan komentar