Ukuran Lapangan Bulu Tangkis

Setiap jenis olahraga tentunya membutuhkan tempat untuk pertandingan. Demikian juga dengan olahraga bulu tangkis yang sekarang ini sudah banyak penggemarnya. Namun, tidak setiap lapangan bulu tangkis memiliki ukuran yang standar. Bahkan ada sebagian yang bertanding di tempat ala kadarnya.

Biasanya orang-orang membuat lapangan bulu tangkis tidak sesuai dengan ukuran standar. Hanya sekedar menyesuaikan tempat yang tersedia dan situasi yang ada. Tidak keliru pastinya jika tujuan intinya hanya untuk mencari keringat atau hanya menjalankan hobi saja.

Namun juga harus diperhatikan bahwa jika kita sudah terbiasa menggunakan lapangan yang tidak sesuai standar, nantinya kita akan merasa kesulitan untuk menambahkan akurasi permainan. Apalagi jika kita hendak bertanding di perlombaan-perlombaan resmi.

Oleh karena itu, jika kita ingin menjadi pemain bulu tangkis yang profesional, maka kita harus mengetahui lebih dalam mengenai ukuran lapangan bulu tangkis yang sesuai standar. Berikut kami sajikan informasi mengenai ukuran lapangan bulu tangkis yang sesuai dengan standar.

Sebelum lanjut ke ukuran lapangan bulu tangkis, mungkin kamu ingin mengetahui terlebih dahulu mengenai teknik dasar bulu tangkis yang bisa kamu pelajari disini.

Bentuk Lapangan Bulu Tangkis

Lapangan Bulu Tangkis Sesuai Standar Internasional

Permainan bulu tangkis memiliki lapangan berbentuk persegi panjang. Lapangan tersebut dibagi menjadi dua bagian dengan net sebagai pemisah yang berada di tengah. Terdapat beberapa garis di lapangan tersebut, diantaranya garis servis tengah, garis servis depan, garis servis belakang (untuk permainan ganda), dan garis servis samping (untuk permainan tunggal) sisi kanan dan kiri.

Ketebalan masing-masing garis dalam lapangan bulu tangkis sekitar 40 mm dan harus berwarna kontras dengan warna lapangan. Beberapa garis yang direkomendasikan yaitu warna putih atau kuning.

Disarankan juga lapangan bulu tangkis terbuat dari bahan sintetis yang lunak. Dan tidak diperbolehkan menggunakan permukaan lapangan yang terbuat dari bahan sintetis yang keras atau beton, karena dapat menyebabkan pemain cidera.

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis

Berikut adalah ukuran lapangan bulu tangkis yang sesuai dengan standar internasional :

  • Panjang : 13,40 m
  • Lebar : 6,10 m
  • Jarak garis servis depan dari garis net yaitu 1,98 m
  • Jarak garis servis tengah dari garis samping lapangan yaitu 3,05 m
  • Jarak garis servis belakang (untuk permainan ganda) dari garis belakang lapangan yaitu 0,76 m
  • Jarak garis samping permainan tunggal dari garis pinggir lapangan yaitu 0,46 m
  • Tinggi net : 1,52 m
  • Tinggi tiang net : 1,55 m

Ada juga lapangan bulu tangkis berukuran kecil atau yang diperuntukan bagi anak kecil yang berumur dibawah 9 tahun. Ukuran lapangannya yaitu sekitar 10,05 meter untuk panjangnya dan untuk lebarnya yaitu 4,40 meter.

1. Bidang Permainan Bulu Tangkis

Garis yang ada dalam lapangan bulu tangkis memiliki fungsinya masing-masing. Di sebelah samping lapangan terdapat 2 garis, yaitu garis dalam dan garis luar. Di bagian belakang lapangan juga terdapat 2 garis dalam dan luar. Dalam permainan bulu tangkis terdapat ketentuan dan peraturan yang tidak sama antara partai tunggal dan partai ganda.

2. Lapangan Bulu Tangkis Partai Tunggal

Pada bidang pertandingan partai tunggal, lebar lapangan bulu tangkis menggunakan garis samping bagian dalam dan panjangnya menggunakan garis belakang bagian luar. Berikut adalah ukuran lapangan bulu tangkis untuk partai tunggal :

  • Panjang bidang permainan : 13,40 m
  • Lebar bidang permainan : 5,18 m
  • Pandang bidang penerima servis : 4,72 m
  • Lebar bidang penerima servis : 2,59 m

3. Lapangan Bulu Tangkis Partai Ganda

Pada bidang pertandingan partai ganda, lebar lapangan bulu tangkis menggunakan garis samping bagian luar dan panjangnya menggunakan garis bagian luar. Berikut adalah ukuran lapangan bulu tangkis untuk partai ganda :

  • Panjang bidang permainan : 13,40 m
  • Lebar bidang permainan : 6,10 m
  • Pandang bidang penerima servis : 3,96 m
  • Lebar bidang penerima servis : 3,05 m

Demikian pembahasan singkat kali ini mengenai ukuran lapangan bulu tangkis. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawasanmu.

Baca juga artikel dari Pantainesia

Tinggalkan komentar