Pengertian dan Contoh Simbiosis Mutualisme

Simbiosis Mutualisme – Simbiosis adalah bentuk hidup bersama antara dua individu yang berbeda jenis. Ada tiga macam simbiosis, yaitu simbiosis mutualisme, simbiosis komensalisme dan simbiosis parasitisme. Dalam artikel ini kita khusus membahas mengenai pengertian dan contoh simbiosis mutualisme.

Pengertian Simbiosis Mutualisme

Simbiosis mutualisme adalah hubungan antara dua makhluk hidup yang saling menguntungkan satu sama lain. Artinya, dua makhluk hidup yang melakukan interaksi sama-sama mendapatkan keuntungan.

Dalam ekosistem, banyak terdapat simbiosis mutualisme, misalnya antara semut dan tumbuhan, antara tumbuhan polong-polongan dan bakteri, serta antara manusia dan bakteri yang hidup di usus besar. Makhluk hidup yang melakukan simbiosis mutualisme akan mengalami kerugian jika tidak bersimbiosis.

Contoh Simbiosis Mutualisme

Banyak contoh simbiosis mutualisme yang bisa kita temui di lingkungan sekitar kita. Mungkin karena kita kurang paham, jadi kita kurang bisa merasakan keberadaan simbiosis ini. Berikut beberapa contoh simbiosis mutualisme :

1. Bunga dengan Kupu-kupu

Simbiosis Mutualisme Bunga dengan Kupu-kupu
timberhill.co.uk

Contoh simbiosis mutualisme yang pertama yaitu interaksi antara bunga dan kupu-kupu. Bunga diuntungkan karena kupu-kupu membantu proses penyerbukannya. Sedangkan kupu-kupu diuntungkan karena mendapatkan nektar dari bunga tersebut.

2. Bunga dengan Lebah

Selain kupu-kupu, lebah juga bisa membantu proses penyerbukan pada bunga. Biasanya, lebah hinggap pada bunga karena ingin memperoleh madu atau nektar sebagai makananya.

3. Burung Pelatuk dengan Semut

Burung pelatuk akan membuat sarang dan bertelur di sebuah pohon yang terdapat banyak semut. Burung pelatuk itu akan mendapatkan keuntungan karena semut akan melindungi telur-telurnya. Sementara semut akan mendapatkan keuntungan karena terlindung dari predator lain yang akan memangsa semut.

4. Kerbau dengan Burung Jalak

Simbiosis Mutualisme Kerbau dengan Burung Jalak
Pinterest.com

Hubungan interaksi antara kerbau dengan burung jalak menjadi contoh simbiosis mutualisme selanjutnya. Dalam interaksi ini, burung jalak diuntungkan karena mendapatkan makanan berupa kutu yang ada di tubuh kerbau. Sedangkan kerbau diuntungkan karena kutu yang ada di tubuhnya berkurang atau mungkin hilang.

5. Zebra dengan Burung Oxpecker

Sama seperti kerbau dengan burung jalak. Burung oxpecker akan memakan parasit atau kutu yang ada pada tubuh zebra, sehingga tubuh zebra akan menjadi bersih. Hubungan keduanya sama-sama saling menguntungkan.

6. Buaya dengan Burung Plover

Contoh simbiosis mutualisme selanjutnya yaitu interaksi antara buaya dengan burung plover. Burung plover memiliki kebiasaan memakan sisa-sisa makanan yang ada di mulut buaya. Hal ini membuat buaya mendapatkan keuntungan mulutnya menjadi bersih. Sementara untuk burung plover mendapatkan keuntungan makanan dari mulut buaya.

7. Lalat dengan Bunga Raflesia

Simbiosis Mutualisme Bunga Raflesia dengan Lalat
ImgCop.com

Proses penyerbukan bunga raflesia akan terbantu karena adanya lalat. Sementara lalat akan mendapatkan sari manis dari bunga tersebut.

8. Anemon Laut dengan Ikan Badut

Contoh simbiosis mutualisme lainnya yaitu antara anemon laut dengan ikan badut. Anemon laut akan memberikan perlindungan kepada ikan badut dari predator yang akan memangsanya. Sedangkan ikan badut tersebut akan memakan parasit berbahaya yang melekat pada tentakel anemon laut serta membersihkan kotoran yang ada.

9. Manusia dengan Bakteri

Bakteri Escherichia Coli merupakan bakteri yang terdapat pada usus besar manusia. Keberadaan bakteri ini berguna untuk mengurangi pertumbuhan bakteri jahat serta mempercepat proses pembusukan di dalam usus besar.

Selain itu, bakteri ini juga bermanfaat untuk membantu proses produksi vitamin K yang berguna pada proses pembentukan darah. Bakteri Escherichia Coli mendapatkan keuntungan karena bisa mendapat makanan dari sisa-sisa makanan pada usus besar manusia.

10. Semut Rangrang dengan Tumbuhan

Simbiosis Mutualisme Semut Rangrang dengan Tumbuhan
Twttrend.com

Oecophylla smaragdina atau semut rangrang adalah serangga yang biasa kita jumpai pada tumbuhan buah seperti nangka, mangga, dan lain-lain. Mungkin keberadaan semut ini menjadi pengganggu bagi kita karena kita menjadi sulit untuk mengambil buah dari pohon.

Namun keberadaan semut ini sangat menguntungkan bagi tumbuhan tersebut. Hal ini karena semut rangrang akan melindungi tumbuhan tersebut dari serangan hama yang merusak tumbuhan. Semut rangrang memperoleh keuntungan karena dapat membuat sarang pada tumbuhan tersebut.

11. Bakteri dengan Tanaman Polong-polongan

Bakteri Rhizobium Leguminosarum merupakan bakteri yang berfungsi menyuburkan tanah. Bakteri ini akan menyuburkan tanah dengan cara meningkatkan nitrogen yang terdapat dalam udara bebas. Hal ini akan membuat tanaman polong-polongan menjadi lebih subur.

Selain meningkatkan nitrogen, bakteri ini dapat menjaga agar pH tanah tetap stabil, menjaga suhu tanah dengan baik, dan mencegah erosi tanah. Keuntungan yang didapat dari bakteri ini adalah mendapatkan makanan dari tanaman polong-polongan.

12. Kantong Semar dengan Kelelawar Berbulu Wol

Contoh simbiosis mutualisme lainnya yaitu antara kantong semar dengan kelelawar berbulu wol. Kelelawar berbulu wol mendapatkan keuntungan dari kantong semar yaitu terlindung dari sinar matahari ketika tidur di pagi hari. Sedangkan kantong semar mendapatkan keuntungan mendapat makanan dari kotoran kelelawar yang tinggal di dalamnya.

13. Manusia dengan Tumbuhan

Contoh simbiosis mutualisme yang terakhir yaitu interaksi antara manusia dengan tumbuhan. Manusia dan tumbuhan saling membutuhkan antara satu sama lain. Manusia mengeluarkan karbondioksida yang dapat membantu proses fotosintesis pada tumbuhan, sedangkan tumbuhan mengeluarkan oksigen yang dibutuhkan oleh manusia.

Demikian pembahasan kita mengenai pengertian simbiosis mutualisme beserta contohnya. Semoga bermanfaat.

ARTIKEL LAINNYA

Tinggalkan komentar