Seni Musik – Pengertian, Unsur, Jenis, dan Fungsinya

Hallo semua, selamat datang kembali di bahassemua.com. Bagaimana kabarnya? Semoga baik baik saja ya. Pada artikel kali ini kami akan memberikan ulasan mengenai pengertian seni musik, baik secara umum maupun menurut para ahli.

Tidak hanya itu, kita juga akan membahas mengenai unsur-unsur seni musik, jenis-jenis musik dan fungsi seni musik. Oke, langsung saja kita masuk ke pembahasan yang pertama yaitu pengertian seni musik.

Pengertian Seni Musik

Pengertian Seni Musik
fr.phoneky.com

Pengertian Seni Musik Secara Umum

Seni musik berasal dari kata “seni” dan “musik”. Seni artinya suatu hasil cipta, karsa maupun rasa manusia yang diungkapkan dalam berbagai sarana. Sedangkan musik adalah kata yang berasal dari bahasa Yunani yaitu “mousikos” yang artinya melambangkan dewa keindahan.

Secara harfiah pengertian seni musik adalah suatu karya sastra seniman yang diekspresikan dengan sedemikian rupa menggunakan vokal suara dan alat musik. Namun terdapat definisi tersendiri dari para ahli mengenai istilah seni musik. Berikut beberapa definisi atau pengertian seni musik menurut para ahli :

Pengertian Seni Musik menurut Para Ahli

1. David Ewen
Pengertian seni musik menurut David Ewen adalah suatu ilmu pengetahuan dan seni tentang sebuah kombinasi ritmik dari nada -nada, baik itu vokal atau instrumental. Hal ini meliputi harmoni dan melodi sebagai ekspresi dari sesuatu yang ingin diungkapkan terutama pada aspek emosional.

2. Suhastjarja
Beliau adalah dosen senior di Institut Seni Indonesia Yogyakarta, tamatan Peabody Institute Amerika. Pengertian seni musik menurut beliau adalah suatu ungkapan rasa indah manusia dalam bentuk konsep pemikiran yang bulat dan dalam wujud nada-nada yang mengandung sebuah ritme dan harmoni, dan juga memiliki suatu bentuk dalam waktu dan ruang yang dikenal oleh diri sendiri dan manusia lain dalam suatu lingkungan.

3. Dello Joio
Dello Joio adalah komponis yang berasal dari Amerika. Dello menyatakan bahwa mengenal musik dapat menambah pengetahuan dan pandangan. Pengenalan terhadap musik akan meningkatkan rasa penghargaan akan nilai seni.

4. Jamalus
Pengertian seni musik menurut Jamalus adalah sebuah karya seni berupa suara atau bunyi dalam bentuk lagu atau komposisi yang mengungkapkan pikiran atau perasaan melalui unsur-unsur pokok musik yaitu melodi, irama, harmoni serta susunan lagu dan ekspresi.

5. Sylado
Sylado menyatakan bahwa pengertian seni musik adalah suatu wujud yang hidup dari beberapa kumpulan ilusi dan alunan suara.

6. Lexicographer
Pengertian seni musik menurut Lexicographer adalah ilmu dan seni dari paduan ritmis beberapa nada, vokal dan instrumental yang melibatkan harmoni dan melodi untuk mengungkapkan apa saja, khususnya hal yang bersifat emosional.

7.  Schopenhauer
Schopenhauer adalah seorang filsuf asal Jerman, mendefinisikan seni musik adalah suatu melodi yang syairnya berupa alam semesta.

Baca Juga : Seni Tari

Unsur-Unsur Seni Musik

Unsur Seni Musik
twitter.com

Setelah kita mengetahui tentang pengertian seni musik baik secara umum maupun secara ahli, selanjutnya kita akan membahas unsur-unsur yang ada di dalam seni musik. Ada 10 unsur seni musik, yaitu :

1. Melodi

Unsur seni musik yang pertama yaitu melodi. Melodi adalah tingkatan tinggi-rendah dan panjang-pendeknya sebuah nada di dalam musik. Melodi akan terdengar seolah-olah bergerak menuju ke puncak yang kemudian akan kembali ke kondisi sebelumnya. Melodi terdiri dari durasi, tone dan pitch.

2. Irama (Ritme)

Unsur seni musik yang kedua adalah irama atau ritme. Irama atau ritme adalah rangkaian gerak yang beraturan dan menjadi unsur dasar dari musik. Irama terbentuk dari panjang pendeknya kata dari sebuah lagu, pengulangan bunyi, atau karena pergantian tekanan kata-kata dalam syair sebuah lagu. Irama juga bisa diartikan sebagai penentu ketukan dalam musik.

3. Birama

Birama adalah sebuah ayunan berulang-ulang yang datang secara teratur dalam waktu yang sama. Biasanya birama ditulis dengan angka pecahan seperti 3/4, 2/3, 2/4, dan lain lain. Angka didepan tanda “/” (penyebut)  menunjukan nilai nada dalam satu ketukan. Jika penyebutnya genap disebut dengan birama bainar, sedangkan jika ganjil disebut birama ternair.

4. Tangga Nada

Unsur seni musik yang selanjutnya adalah tangga nada. Tangga nada yaitu urutan dari satu nada yang disusun membentuk tangga. Tangga nada dibagi menjadi dua yaitu, tangga nada pentatonik dan tangga nada diatonik.

Tangga nada pentatonik merupakan tangga nada yang terdiri dari 5 nada pokok. Sedangkan tangga nada diatonik yaitu tangga nada yang terdiri dari 7 buah nada dengan 2 jenis jarak (½ dan 1).

5. Harmoni

Harmoni adalah keselarasan paduan bunyi. Harmoni terdiri dari susunan, peranan, dan hubungan dari sebuah paduan bunyi dengan bentuk keseluruhan. Harmoni ini memiliki dua elemen yaitu interval dan akor. Interval adalah susunan 3 nada yang jika dibunyikan secara bersama akan terdengar harmonis, sedangkan akor pengiring dari melodi.

6. Tempo

Tempo adalah ukuran kecepatan birama lagu. Semakin cepat sebuah lagu dimainkan maka semakin cepat pula tempo dari lagu tersebut dan sebaliknya. Terdapat 8 tempo dalam seni musik yaitu Adagio (lambat), Lento (lebih lambat), Largo (lambat sekali), Andante (sedang), Moderato (sedang agak cepat), Allegro (cepat), Vivace (lebih cepat), dan Presto (cepat sekali.

7. Dinamika

Dinamika dapat diartikan sebagai tanda untuk memainkan nada tangga dengan volume nyaring atau lembut.

8. Timbre

Yang dimaksud timbre dalam unsur seni musik adalah kualitas bunyi dalam seni musik. Timbre sangat dipengaruhi oleh cara bergetar dan sumber bunyinya.

Unsur Seni Rupa

Jenis Seni Musik

Ada 3 jenis seni musik, yaitu musik tradisional, modern dan kontemporer. 

1. Musik Tradisional

Jenis seni musik ini biasanya adalah warisan dari nenek moyang yang diturun-temurunkan ke generasinya. Musik tradisional masih menggunakan lirik bahasa daerah, tidak memiliki notasi dan alat musik yang digunakan juga tradisional, seperti angklung, gamelan, dan karawitan.

2. Musik Kontemporer

Musik kontemporer merupakan jenis musik yang mulai memperkenalkan berbagai elemen musik baru yang belum digunakan pada periode sebelumnya. Jenis musik ini mulai muncul dan berkembang pada tahun 1990-an.

3. Musik Modern

Musik modern merupakan jenis musik kreasi baru yang bersifat dinamis. Selain itu, jenis musik ini juga sudah menggunakan teknologi tertentu dalam instrumennya maupun dalam penyajiannya.

Fungsi Seni Musik

Fungsi Seni Musik
Nenagh.ie

1. Sarana Upacara

Fungsi seni musik yang pertama adalah sebagai sarana upacara. Upacara-upacara di Indonesia seperti upacara perkawinan, kelahiran, kematian, upacara kenegaraan pada umumnya menggunakan iringan dari seni musik.

2. Sarana Hiburan

Seni musik adalah pilihan yang tepat untuk hiburan. Bahkan ada orang yang setiap saat memerlukan musik untuk menjaga moodnya tetap stabil. Namun musik juga dapat membuat orang lalai dari aktivitas sehari-hari jika tidak digunakan secara efektif.

3. Sarana Tari

Fungsi seni tari yang selanjutnya adalah sebagai sarana tari. Seni tari sangat erat hubungannya dengan seni musik. Peran seni musik di dalam seni tari sangat penting, karena suatu tarian tanpa diiringi irama atau musik akan terasa hampa dan kurang enak untuk dinikmati.

4. Sarana Ekspresi Diri

Seni musik sangat mudah memberikan ekspresi ungkapan perasaan pemainnya. Contohnya saat ekspresi ketika perasaan sedih, nada yang dikeluarkan akan bertempo lambat dan halus. Sedangkan saat bahagia, tempo nada akan bertempo cepat atau menggebu-gebu.

5. Sarana Komersial

Fungsi seni musik yang terakhir adalah sebagai sarana komersial. Bagi para musisi, seni musik dapat dijadikan sebagai mata pencaharian. Mereka dapat menjual karya seninya melalui rekaman dalam sebuah CD atau kaset.

Macam-Macam Genre Musik

Berikut beberapa macam genre musik yang ada di Indonesia :

  1. Musik Klasik
  2. Musik Rock
  3. Musik Dangdut
  4. Musik Metalcore
  5. Musik Jazz
  6. Musik Hip Hop / Rap
  7. Musik Tradisional dan lain-lain

Demikian ulasan mengenai seni musik yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Motif Ragam Hias

Tinggalkan komentar